5 Makanan Khas Betawi

Tiap wilayah pasti mempunyai santapan khasnya tiap- tiap, demikian pula Ibukota Jakarta. Terdapat banyak sekali santapan serta minuman khas Jakarta yang wajib Kamu tahu serta cicipi. Paling tidak terdapat dekat 30 tipe santapan khas Betawi Jakarta ini yang bisa Kamu cicipi, serta sebagian antara lain mulai susah dicari.

Berikut ini merupakan 30 tipe santapan khas Betawi Jakarta yang wajib Kamu coba, sebab cita rasanya yang unik, serta nyatanya buat nagih:

1. Kerak Telor

Santapan santapan khas Betawi Jakarta awal yang hendak dibahas merupakan Kerak Kelor, siapa yang tidak tahu santapan khas Betawi yang satu ini. Bahan utama dari santapan ini merupakan nasi yang dicampur dengan telur serta aneka bumbu yang lain.

Telur yang digunakan terdapat 2 tipe, ialah telur ayam ataupun telur bebek. Metode memasak kemilan yang satu ini merupakan dengan metode di panggang, di atas kuali yang dibawahnya memakai tunggu arang. Sehabis nasi dirasa matang, setelah itu dibalik, dengan metode nasi yang menghadap bara api, bukan dibalik di atas kuali. Sehabis matang, kerak telor ini hendak ditaburi dengan bawang goreng serta pula serundeng.

2. Kue Ranggi

Penganan khas Betawi yang lain merupakan kue Ranggi. Kue yang satu ini dibuat dari tepung beras ataupun dapat pula dibuat dari tepung kanji, serta pula kelapa parut. Metode buatnya merupakan dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, setelah itu dipanggang di atas api kecil memakai cetakan.

Cetakan yang digunakan berupa separuh bundaran, semacam kue pancong. Sehabis matang, kue tersebut hendak ditaburi dengan lelehan gula merah cair, yang tadinya telah dicampur tepung kanji, supaya lebih kental aqiqah jakarta timur.

3. Soto Betawi

Santapan khas Betawi Jakarta yang satu ini memanglah lumayan terkenal serta tidak susah mencarinya. Pada dasarnya soto Betawi ini, tidak jauh berbeda dengan soto yang lain yang terdapat di Indonesia. Dimana isi soto ini memakai aneka jeroan sapi. Apalagi terkadang mata, torpedo serta pula hati, ikut dicampurkan ke dalam soto tersebut. Sebaliknya kuahnya merupakan kombinasi santan serta pula susu, yang ditambahkan dengan bermacam berbagai bumbu yang lain. Ini yang membuat soto Betawi demikian khas.

4. Nasi Kebuli

Ini merupakan santapan khas Betawi Jakarta yang lain, dimana hidangan yang satu ini lumayan terkenal di golongan masyarakat Betawi generasi Arab. Bila dilihat, santapan yang satu ini mirip dengan nasi Biryani di Arab.

Nasi Kebuli ini merupakan nasi yang ditanak bersama kadu kambing, serta pula susu kambing ataupun dapat pula ditukar dengan santan. Yang dicampur bersama tumisan daging kambing, serta aneka kombinasi bahan rempah yang lain, semacam bawang merah, bawang putih, lada gelap, jintan, ketumbar, dll. Santapan ini sangat nikmat bila ditambah dengan asinan nanas.

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi ini, berbeda dengan asinan Bogor. Bila asinan Bogor memakai aneka buah- buahan tropis semacam papaya, kedondong, mangga muda, dll. Sebaliknya asinan Betawi memakai bermacam berbagai tipe sayur- mayur, semacam kubis, sawi, taoge, dll.

Baik asinan Bogor ataupun asinan Betawi ini terbuat dengan metode pengacaran, ialah diasinkan memakai garam kemudian diberi cuka supaya terasa asam. Dengan memakai kedua bahan tersebut, membuat santapan yang terdapat jadi awet, serta memiliki cita rasa yang menyegarkan.

6. Gado- gado

Santapan yang pula diketahui bagaikan Vegetarian food from Indonesia ini, merupakan tipe santapan yang cuma dibuat dari aneka sayur- mayur. Bahan yang digunakan lumayan bermacam- macam, mulai dari kangkung, kubis, dll.

Sebaliknya bumbunya memakai kuah kacang, yang telah ditambah dengan aneka berbagai bumbu. Metode mengkonsumsinya merupakan dengan ditambahkan emping, ataupun terdapat kalanya ditambahkan pula telur rebus. Kuliner ini lumayan populer, serta siapa saja tentu menggemari santapan yang satu ini.