6 Hasil Tambang di Indonesia dan Daerah Penghasilnya

Sejak dulu Indonesia memang merupakan salah satu penghasil bahan tambang terbesar di dunia. ada banyak hasil tambang di Indonesia yang memiliki manfaat luar biasa. Oleh sebab itulah, sejak dulu orang luar juga sudah berlomba-lomba berinvestasi bidang pertambangan ini di Indonesia. Tapi, apa saja hasil tambang terbaik dan daerah penghasilnya?

1. Minyak Bumi

Meski masih kalah dengan negara Timur Tengah soal minyak bumi, Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi di dunia. Ada banyak daerah di Indonesia yang minyak bumi seperti Aceh, Riau hingga Muara Enim untuk wilayah Sumatera.

Sedangkan untuk wilayah Jawa, ada Surabaya, Cilacap, Jatibarang, dan Majalengka. Di Kalimantan juga tak mau kalah. Ada daerah Tarakan, Amuntai, hingga Sungai Mahakam yang menjadi daerah penghasil minyak bumi. Selain itu, sebenarnya di area lepas pantai Indonesia juga sangat banyak, bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia ada.

2. Batubara

Selain minyak bumi, hasil tambang dari Indonesia lain yang utama adalah batubara. Batubara ini terbagi dalam beberapa jenis hasil tambang seperti antrasit, bituminus, sub bituminus, lignit, dan gambut. Batubara ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri dan memproduksi enegeri listrik dan panas.

Bahkan, beberapa pembangkit listrik di Indonesia juga masih menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. Hanya saja, pertambangan batubara ini memiliki dampak negatif yang besar untuk lingkungan, kesehatan dan iklim. Di Indonesia, saat ini yang memegang produksi batubara paling besar adalah wilayah Kalimantan Timur dan Selatan serta Sumatera Selatan.

Pengiriman batubara umumnya diangkut dengan menggunakan kapal tongkang beserta tugboat khusus. Hal ini karena luas tongkang yang dapat memuat banyak lebih dibanding alat angkutan yang lainnya.

3. Timah

Timah adalah salah satu hasil tambang di Indonesia yang penting karena digunakan di berbagai kegiatan manusia. Misanya saja, Anda bisa melihat hasil olahan timah pada kaleng makanan, pembungkus permen, cokelat hingga rokok. Malah, dewasa ini timah juga digunakan untuk memproduksi alat elektronik seperti komputer, TV, HP dan sebagainya.

Indonesia merupakan negara penghasil timah terbesar nomor 4 di dunia setelah China, Malaysia dan Peru. Daerah Bangka dan Belitung adalah penghasil timah paling besr di Indonesia. Setidaknya, 90% dari timah yang dihasilkan Indonesia berasal dari Kepulauan Bangka dan Belitung.

4. Bijih Besi

Bijih besi juga merupakan salah satu hasil tambang terbesar Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Bijih besi ini biasanya dimanfaatkan untuk komponen utama bangunan, infrastruktur, peralatan, mobil, kapal, mesin hingga alat-alat rumah tangga. Untuk daerah penghasil bijih besi di Indonesia, saat ini ada Cilacap, Lampung dan pulau di sekitar Kalimantan.

5. Emas

Emas juga menjadi hasil tambang yang tergolong dalam logam mulia terbaik hasil Indonesia. Bahan tambang utama di dunia ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam perhiasan dan lainnya. Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia tentu saja Papua, tepatnya di Puncak Jaya yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia.

6. Intan

Ada juga intan. Hasil tambang yang satu ini merupakan jenis bahan tambang yang paling keras di dunia. Bahkan, saking kerasnya intan sering digunakan sebagai mata bor mesin. Sama seperti emas, intan juga lebih banyak digunakan untuk perhiasan. Untuk daerah penghasil intan terbesar di Indonesia ada di daerah Martapura, Kalimantan Selatan.

Itulah beberapa hasil tambang di Indonesia serta daerah penghasilnya. Indonesia memang kaya oleh bahan tambang yang bermanfaat untuk manusia. Namun, meski begitu sebagai manusia juga tak boleh serakah. Menjaga lingkungan dengan penggunaannya yang sesuai dengan peruntukan lebih baik daripada menggunakannya semena-mena lalu merusak alam.