Bahaya Mandi Malam Untuk Kesehatan

Bahaya Mandi Malam – Kesibukan kerap jadi alasan mengapa banyak orang melewatkan aktivitas mandi sore, bahkan menundanya sampai malam hari. Walau akan membuat badan terasa bersih serta nyaman sehingga dapat tidur nyenyak, namun ada bahaya mengintai dari kebiasaan mandi di malam hari seperti ini.

Banyak juga pakar kesehatan yang telah menjelaskan bahaya mandi malam bagi kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya efek dari mandi malam ini? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Waspadai Bahaya Mandi Malam Berikut:

1. Penuaan Dini

penuan dini
thebodyshop.co.id

Mandi malam akan dapat memicu terjadinya gangguan metabolisme tubuh. Hal ini akan turut berimbas pada ketidaklancaran proses metabolisme lemak serta menyebabkan kulit menjadi berkeriput. Keriput ialah salah satu tanda dari penuaan dini yang tentunya akan membuat penampilan menjadi tidak maksimal.

2. Paru-paru Basah

Bahaya mandi malam yang paling sering disebutkan ialah paru-paru basah. Tidak disangka, ternyata hal ini bukan hanya isapan jempol belaka. Kebiasaan mandi pada malam hari akan membuat tubuh makin rentan akan masalah pernapasan, termasuk batuk.

3. Asam Urat

Penyakit lain yang mengintai akibat dari kebiasaan mandi pada malam hari adalah asam urat. Hal ini terutama akan dapat terjadi apabila kita mandi menggunakan air dingin. Rasa nyeri akan muncul pada persendian sehingga meningkatkan resiko asam urat.

4. Nyeri Otot

Efek mandi di malam hari menggunakan air dingin selanjutnya ialah nyeri otot. Hal ini terutama dikarenakan terbukanya pori-pori pada kulit.

5. Demam

Salah satu bahaya mandi malam ialah demam, terutama apabila malam hari suhunya panas. Suhu tubuh akan turut meningkat dan pori-pori kulit turut terbuka.

Apabila kita mandi menggunakan air dingin, air juga dapat meresap ke dalam kulit terbuka sehingga membuat suhu tubuh yang panas bercampur air dingin. Sistem kekebalan tubuh menurun dan lebih rentan terkena serangan virus penyebab demam.

6. Rematik

penyakit rematik
hellosehat.com

Mandi pada malam hari sangat mungkin menyebabkan rematik. Penyakit autoimun satu ini terutama terjadi pada bagian peradangan sendi sehingga mengakibatkan rasa sakit. Walau penyebab pasti dari rematik tidak diketahui, namun para pakar kesehatan menyatakan salah satunya adalah karena adanya penyakit kelainan genetik.

7. Metabolisme Tubuh Terganggu

Bahaya mandi malam berikutnya adalah metabolisme tubuh yang terganggu. Mandi malam akan membuat pori-pori terbuka dan air masuk ke dalam tubuh. Ini akan menyebabkan hormon tubuh serta metabolisme terganggu, terutama karena pada malam hari tubuh mulai lemah serta butuh istirahat.

8. Osteoporosis

Sering mandi pada malam hari akan membuat seseorang semakin cepat terkena osteoporosis alias pengeroposan tulang. Proses mengeroposnya tulang terutama akan terjadi saat kita tengah mandi di malam hari.

9. Masuk Angin

Mandi malam hari tidak hanya membuat demam, namun juga beresiko menyebabkan masuk angin. Resiko masuk angin akan semakin tinggi apabila suhu tubuh tengah dalam keadaan tinggi. Apabila mandi di malam hari menjadi kebiasaan, maka hentikan segera agar tidak menjadi penyakit masuk angin yang terlalu lama.

10. Pilek

Bahaya mandi malam yang terakhir adalah pilek serta hidung tersumbat. Suhu tubuh yang tinggi atau panas ketika hendak mandi terutama akan membuat resiko penyakit satu ini semakin tinggi. Sangat tidak disarankan untuk mandi pada malam hari, walau memang tujuannya untuk menyegarkan badan.

Cukup bersihkan badan menggunakan lap basah, namun jangan sampai mengguyur badan menggunakan air yang berpotensi mengakibatkan penyakit.