Beberapa Fakta Mengenai Ikan Barakuda

Barakuda kadang-kadang digambarkan sebagai ancaman samudera, tetapi apakah itu pantas mendapatkan reputasi seperti itu? Ikan biasa ini memiliki gigi yang mengancam dan kebiasaan mendekati perenang, tetapi itu bukan bahaya yang mungkin Anda pikirkan. Delapan fakta menarik tentang barakuda ini harus meluruskan tentang ikan yang disalahpahami ini

Ada Setidaknya 27 Jenis Barracuda

Sumber Gambar: fishworld.co.en

Nama barracuda tidak berlaku untuk satu ikan tertentu, tetapi seluruh keluarga ikan. Sphyraenidae adalah kelompok ikan yang dikenal sebagai barracuda. Spesies yang kebanyakan orang bayangkan ketika memikirkan barakuda mungkin adalah barakuda yang hebat (Sphyraena barracuda), ikan yang biasa ditemui. Tetapi lautan di dunia penuh dengan semua jenis barakuda, termasuk barakuda acar, barakuda gigi gergaji, dan barakuda sirip tajam. Beberapa spesies diberi nama untuk daerah di mana mereka ditemukan, seperti barakuda Guinea, barakuda Meksiko, barakuda Jepang, dan barakuda Eropa.

Barracuda Tidak Terlihat Seperti Ikan Lainnya

Sumber Gambar: fishworld.co.uk

Bahkan jika Anda baru mengenal identifikasi ikan, Anda akan segera belajar mengenali tampilan khas barakuda. Barakuda memiliki tubuh panjang dan ramping yang meruncing di ujung dan lebih tebal di tengah. Kepala agak rata di atas dan menunjuk ke depan, dan rahang bawah menonjol ke depan, mengancam. Kedua sirip punggungnya berjauhan, dan sirip dada diposisikan rendah di badan. Sebagian besar spesies gelap di atas, dengan sisi perak dan garis rusuk yang jelas yang memanjang dari kepala ke ekor di setiap sisi. Sirip ekor barakuda sedikit bercabang dan melengkung di ujung trailing. Spesies barakuda yang lebih kecil dapat mencapai panjang 20 inci, tetapi spesies yang lebih besar dapat mencapai ukuran 6 kaki atau lebih panjang yang mengejutkan.

Perairan Tropis dan Subtropis Inhabit Barracuda Di Seluruh Dunia

Sumber Gambar: fishworld.co.en

Sebagian besar spesies barakuda hidup di habitat dekat pantai, seperti padang lamun, hutan bakau, dan terumbu karang. Mereka terutama ikan laut, meskipun beberapa varietas kadang-kadang bisa mentolerir air payau. Barracuda mendiami Samudra Atlantik, Pasifik, dan India, dan juga banyak ditemukan di Karibia dan Laut Merah.

Barracuda Tertarik pada Benda Mengkilap

Sumber Gambar: macamikan.co.id

Barracuda berburu terutama dengan melihat, memindai air untuk mencari tanda-tanda mangsa saat mereka berenang. Ikan kecil paling terlihat ketika memantulkan cahaya, dan sering terlihat seperti benda logam mengkilap di dalam air. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman antara barakuda dan manusia di dalam air. Seorang perenang atau penyelam dengan reflektif apa pun kemungkinan akan mendapatkan tonjolan agresif dari barakuda yang penasaran. Barracuda tidak tertarik padamu, tentu saja. Ia hanya ingin mencicipi objek yang terlihat seperti ikan perak mengkilap. Tetap saja, agak tidak nyaman jika ada barakuda yang meluncur ke arah Anda, gigi terlebih dahulu, jadi yang terbaik adalah menghilangkan apa pun yang reflektif sebelum masuk ke dalam air.

Barracuda Bisa Berenang Hingga 35 Mph

Sumber Gambar: macamikan.co.id

Tubuh barakuda berbentuk seperti torpedo, dan dibuat untuk memotong air. Ikan panjang, ramping, dan berotot ini adalah salah satu makhluk tercepat di laut, yang mampu berenang hingga 35 mph. Barracuda berenang hampir secepat hiu mako yang terkenal cepat. Namun, Barracuda tidak dapat mempertahankan kecepatan tertinggi untuk jarak jauh. Barakuda adalah pelari cepat, yang mampu melesat cepat dalam mengejar mangsa. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka berenang cukup lambat untuk menyurvei makanan, dan hanya mempercepat ketika makan berada dalam jangkauan.