Biografi Bill Clinton: Masa Muda sampai Kehidupan Setelah Menjadi Presiden 

Bill Clinton merupakan tokoh dunia yang cukup berpengaruh dalam kehidupan. Bill Clinton merupakan presiden Amerika Serikat ke-42. Mengetahui biografi Bill Clinton membuat kita dapat mempelajari hal positif yang telah dilakukannya semasa menjabat.

Tidak hanya sebagai presiden, Bill Clinton juga menjadi gubernur di Amerika Serikat. Kiprahnya dalam dunia politik cukup cemerlang sehingga namanya dikenal di berbagai negara. Ada banyak peran yang dimiliki oleh Bill Clinton ketika bekerja.

Masa Muda Bill Clinton

Image Source: washingtonpost.com

 

Bill Clinton hidup ketika suasana Amerika Serikat sedang sulit. Ekonomi negara saat itu lesu sehingga pekerjaan sangat susah untuk dilakukan. Ayah kandung Bill Clinton meninggal karena kecelakaan. Ibu Bill Clinton menikah lagi meskipun akhirnya bercerai.

 

Minat Bill Clinton dalam dunia politik sudah terlihat sejak dini. Minat Bill Clinton ini terlihat oleh neneknya dan beliau mendukung penuh apa yang diinginkan oleh Bill Clinton. Pada Juli 1963, Bill Clinton dapat bertemu dengan Presiden John F Kennedy dan menjadi momen yang tidak terlupakan.

 

Pendidikan Bill Clinton

Pendidikan menjadi hal penting bagi Bill Clinton. Bill Clinton memilih pendidikan di Universitas Georgetown yang terletak di Washington DC. Bill Clinton masuk pada 1964 dan lulus pada 1968 dengan meraih gelar hubungan internasional.

 

Selama masa kuliah, Bill Clinton bergerak di berbagai kegiatan. Dalam biografi Bill Clinton tercantum bahwa Bill Clinton menjabat sebagai presiden mahasiswa pada tahun pertama dan kedua. Tidak hanya itu, Bill Clinton juga magang di Senator J William Fulbright yang merupakan kritikus.

 

Bill Clinton Saat Menjadi Gubernur Termuda

Menjadi gubernur termuda merupakan hal yang paling diingat dari Bill Clinton. Pada 1978 Bill Clinton berhasil menjadi gubernur di Arkansas, Amerika Serikat. Usianya saat itu masih sangat muda sehingga tercatat sebagai gubernur termudah dalam sejarah Amerika Serikat.

 

Jabatan yang dipegang oleh Bill Clinton berlangsung selama 2 tahun. Kebijakan Bill Clinton saat masa jabatannya adalah mengadakan uji kompetensi untuk guru sehingga dapat meningkatkan investasi dalam beberapa bidang industri.

 

Kehidupan Bill Clinton Saat Menjadi Presiden

Bill Clinton menjadi presiden terhitung pada 20 Januari 1993. Ada beberapa sikap Bill Clinton yang menjadi sorotan, salah satunya perselingkuhannya dengan wanita. Selain itu, Bill Clinton juga terjegal dengan pemakzulan ketika menjabat sebagai presiden dari Senat Amerika Serikat pada 1999.

 

Biografi Bill Clinton mencatat bahwa Bill Clinton merupakan pihak yang memerintahkan pengeboman terhadap Irak dan tempat lain. Masa jabatan Bill Clinton selesai pada 20 Januari 2001. Banyak kritikan dari Demokrat dan Partai Republik untuk Bill Clinton.

 

Kegiatan Bill Clinton Setelah Selesai Jabatan Presiden

Setelah menjadi presiden, Bill Clinton tetap aktif dalam dunia politik. Bill Clinton menyempatkan diri untuk memberikan kuliah mengenai politik di kalangan mahasiswa. Tidak hanya itu, Bill Clinton mendirikan yayasan William J Clinton dengan program berikut.

 

  1. Clinton Economic Opportunity Initiative
  2. Clinton HIV/AIDS Initiative
  3. Clinton Global Initiative
  4. Clinton Climate Initiative
  5. Perpustakaan dan Museum Kepresidenan

 

Buku Karangan Bill CLinton

Menghabiskan waktu sebagai orang yang pernah menjabat sebagai presiden dilakukan Bill Clinton dengan beragam hal bermanfaat salah satunya adalah menulis beberapa buku. Buku tersebut tidak jauh dari tema politik dan masa hidupnya. Berikut buku-buku karya Bill Clinton.

  1. My Life (2204)
  2. Giving (2007)
  3. Back to Work (2011)
  4. The President is Missing (2018)

 

Biografi Bill Clinton memuat segala lika-liku yang ditemui semasa hidupnya. Meskipun ada beberapa keputusannnya yang negatif, masih ada sikap positif yang dapat diteladani dari sosok Bill Clinton.