Cara Membuat Layang-layang Sederhana dan Mini

Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang kemudian berkembang menjadi permainan di tingkat internasional. Tidak diketahui asal permainan ini, tetapi zaman dahulu, bermain layang-layang merupakan aktifitas petani di ladang.

Para petani bermain layang-layang untuk mengisi waktu sambil menjaga ladangnya. Sekarang, selain untuk bermain yang menyenangkan, saat ini juga ada perlombaan dan adu kontes kecantikan dari sebuah layang-layang.

Kalau kamu belum tahu, cara bermain layang-layang adalah dengan menerbangkannya menggunakan benang. Proses penerbangan ini sangat melibatkan hukum-hukum fisika yang simple, mulai dari ukuran, daya dorong, tarikan dan lainnya.

Jika kamuingin memiliki layang-layang, model biasa maupun hias, kamu bisa mendapatkan di toko-toko permainan tradisional. Tapi, biasanya harga layang-layang sudah cukup tinggi. Solusi kalau kamu tidak mau mengeluarkan banyak uang adalah dengan membuat sendiri layang-layang.

Cara Membuat Layang-layang Tradisional

layang-layang tradisional
kreasimembuat.blogspot.co.id

Kita akan membuat layang-layang yang sederhana ya, bentuknya seperti biasanya itu lho, persegi seperti jajaran genjang. Kamu bisa mengajak anak atau adik dan saudara kamu ya.

Bahan

  • 1 bilah bambu tipis yang lebarnya 1 cm dan panjang 60-80 cm
  • 1 bilah bambu tipis yang lebarnya 1 cm dan panjang 40-50 cm
  • Kertas minyak yang disesuaikan dengan ukuran bambu
  • Benang atau tali tipis
  • Pita gulung yang tebal
  • Meteran
  • Spidol
  • Gunting
  • Isolasi

Cara Membuat

  1. Letakkan kedua bilah bambu dalam posisi menyilang, bambu pendek diletakkan pada 1/3 bagian bambu yang panjang.
  2. Ikatkan kedua bambu menggunakan benang.
  3. Ikat dan kaitkan keempat ujung bambu benang sehingga rangka layang-layang berbentuk wajik.
  4. Setelah rangka sudah jadi, letakkan rangka tersebut di atas kertas minyak.
  5. Buatlah tanda menggunakan spidol pada kertas minyak mengikuti pola rangka layang-layang.
  6. Tambahkan jarak sekitar 2,5 cm dari ukuran rangka aslinya.
  7. Potong kertas minyak menggunakan gunting sesuai dengan garis yang sudah dibuat.
  8. Rekatkan kertas tersebut ke bagian rangka dengan menggunakan isolasi. Jangan lupa, lebar sisa kertasnya dilipat terlebih dahulu melewati benang, baru disolali.
  9. Untuk tambahan potong pita dan jadikan ekor. Selain untuk memperindah tampilannya, pita berfungsi menyeimbangkan layang-layang ketika terbang.
  10. Buat lubang di bagian tengah layang-layang tempat bertemunya persilangan kerangka dari bambu. Masukkan senar layangan ke lubang tersebut lalu ikatkan ke rangka.
  11. Buat lubang di bawah titik tengah sekitar 5-8 cm dari bagian bawah layangan, tergantung ukuran layang-layang. Bisa juga tali yang ditalikan awal tadi ditalikan pada sisi bagian bawah layang-layang.
  12. Tautkan benang dari titik tengah menuju lubang di bawahnya.
  13. Seimbangkan, dan terbangkan layang-layang.

Dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang banyak sekali model layang-layang yang ada di dunia ini. Mulai dari layang-layang kecil tapi dengan jumlah yang banyak, sampai dengan bentuk berbagai macam hewan dan lainnya.

Cara Membuat layang-layang
piknikasik.id

Kamu bisa mencari beberapa gambar layang-layang dari seluruh belahan dunia ini. Pasti kamu akan tercenang, karena ukuran layang-layang yang super besar. Atau layang-layang yang bisa bergerak seperti sebuah robot.

Nah, itu tadi cara membuat layang-layang yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Jika kamu sudah mahir membuat layang-layang yang kecil, coba buat yang ukurannya lebih besar.

Kamu bisa membuat model terlebih dahulu, baru setelah dibuat sketsanya, lalu coba dengan prototipe ukuran kecil. Tentu saja ukuran kecil ini tidak untuk diterbangkan, hanya dijadikan model ketika kita akan membuat ukuran yang lebih besar. Baru setelah jadi modelnya, kita akan lebih mudah membuat layang-layang dengan ukuran yang lebih besar.