Tips Cara Mencuci Boneka Dengan Mesin Cuci dan Tangan

Cara mencuci Boneka – Boneka seperti doraemon, hello kitty adalah boneka yang sering kita jumpai di pasaran. Kesan dan bentuknya yang lucu dapat menjadi teman bermain si kecil. Agar boneka bertahan lama dan awet diperlukan perawatan. Sebagian boneka bisa dicuci dengan mesin cuci, sebagian yang lain hanya bisa dicuci menggunakan tangan atau manual tergantung bahan boneka.

Berikut adalah tips mencuci boneka yang bisa anda terapkan untuk boneka anda.

1. Periksa Jenis Boneka Anda

Periksa Jenis Boneka Anda

Sebelum membahas seputar cara mencuci boneka yang benar, periksa terlebih dahulu jenis boneka yang akan Anda cuci. Pasalnya, tidak semua jenis boneka bisa dicuci dengan atau tanpa mesin cuci.

Baca petunjuk perawatan pada label boneka untuk mengetahui cara mencucinya yang dianjurkan. Terdapat dua cara untuk mencuci boneka, yaitu dengan mesin cuci dan dengan tangan.

Mencuci dengan mesin cuci merupakan pilihan praktis. Namun perlu diketahui bahwa jenis-jenis boneka tertentu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, seperti boneka berbahan wol, boneka berisi butiran-butiran gabus styrofoam, boneka berkancing, atau boneka tua yang sudah rapuh.

Boneka jenis-jenis ini sebaiknya dicuci dengan tangan. Mencuci boneka dengan tangan juga dianjurkan jika Anda hanya perlu membersihkan bagian tertentu boneka yang kotor.

2. Mencuci dengan Mesin Cuci

Jika label perawatan boneka memperbolehkan Anda mencucinya dengan mesin cuci, berikut adalah cara cuci boneka yang dianjurkan:

  • Lepas pakaian dan aksesori pada boneka agar tidak membelit ketika dicuci.
  • Jahit lubang dan perbaiki serat yang terlepas pada boneka.
  • Masukkan boneka dan aksesorinya ke dalam kantong cuci atau sarung bantal.
  • Gunakan detergen cair berkualitas, dan pilih siklus cuci delicate (berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan) dengan air dingin. Hindari air panas agar bahan boneka tetap awet.

Ingat untuk mencuci boneka dengan cucian lain berwarna senada untuk menghindari noda luntur.

  • Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka seusai dicuci. Bungkuskan handuk pada boneka, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya.

Hindari memelintir boneka untuk memerasnya.

  • Keringkan boneka di udara terbuka. Atur bulu-bulu boneka selagi masih basah. Baringkan pada permukaan datar di bawah sinar matahari dan sebisa mungkin kembalikan ke bentuk semula.

Boneka sebaiknya tidak digantung di tali jemuran. Setelah kering, sikat bulu boneka dengan sikat lembut.

3. Mencuci Dengan Tangan

Mencuci Dengan Tangan
pewangilaundry.co.id

Selain dengan mesin cuci anda juga bisa mencuci boneka sendiri dengan tangan. Bahkan, mencuci boneka secara manual justru lebih aman dibanding mencuci dengan mesin cuci.

Anda hanya memerlukan deterjen saja untuk mencuci boneka dengan tangan. Berikut adalah cara mencuci boneka dengan tangan:

  • Siapkan ember berisi air dingin yang sudah dicampur dengan deterjen (jika memungkinkan gunakan deterjen cair).
  • Lepaskan aksesori yang melekat di boneka karena Anda harus mencuci boneka dan aksesorinya secara terpisah.
  • Masukan boneka ke dalam ember, lalu kucek boneka sembari Anda menggosok seluruh bagian boneka dengan jari untuk melunturkan kotoran yang menempel.
  • Setelah itu, masukan boneka ke ember lain yang berisi air bersih untuk membilas residu sabun.
  • Keringkan boneka dengan cara membungkusnya dengan handuk dan jemur di bawah sinar matahari agar boneka kering secara alami.

4. Mencuci Boneka Big Size

Jika boneka anda terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci, anda tidak perlu khawatir karena boneka tersebut masih tetap dapat dicuci. Yang anda perlukan hanya sebuah ember berukuran besar atau bak mandi.

Isi dengan air hangat dan tambahkan deterjen berkualitas, cucilah seperti anda mencuci pakaian yang lembut. Selalu ingat untuk mengeringkannya di udara terbuka dan menghindari pengering.

Jadi, apa pun ukuran, bentuk, bahan maupun umurnya, anda tidak usah khawatir pada saat mencuci boneka anda. 

5. Tips Perawatan

tips perawatan

Boneka dapat dibersihkan setiap terlihat kusut atau kotor, atau seminggu sekali kamu dapat membersihkan boneka dari kotoran-kotoran yang mulai menempel.

Membersihkan boneka menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel, atau dapat menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat juga dapat kita jadikan altrnatif selain dengan mencucinya secara rutin.

Demikianlah tips & trik dalam mencuci boneka anda yang kotor. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua.