Cara Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan jerawat yang membandel dan bikin risih memang dibutuhkan pengorbanan ekstra. Mulai dari mencari obat yang paling bagus dengan membaca review para beauty blogger sampai berkonsultasi dengan dokter.

Tidak jarang juga yang ternyata awalnya ingin menghiangkan jerawat, tetapi justru malah ketergantungan dengan produk tertentu karena memberikan hasil bersih dan putih. Walhasil untuk berhenti pun jadi takut karena wajah kembali berjerawat.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas jerawat dalam sekejap tanpa memberi efek ketergantungan kalau pandai memilih produk.

Cara menghilangkan jerawat batu

Jerawat batu biasanya akan mengakibatkan kulit terasa sakit dan merah. Tak sedikit orang yang terkena jerawat batu wajahnya benar-benar berubah karena tidak dirawat maupun salah perawatan.

Faktor terjadinya jerawat tersebut biasanya diakibatkan oleh unsur genetik, psikologis, pemilihan kosmetik yang salah dan sebagainya.

Nah, kalau sudah parah memang direkomendasikan ke dokter untuk melakukan konsultasi dan penyembuhan. Namun, jika jerawat batu itu hanya timbul dua atau tiga titik saja, maka sebelum menyebar lebih banyak ke wajah, maka gunakan perawatan yang tepat seperti berikut:

1. Lidah buaya


Sebelum mengoleskan lidah buaya, wajah terlebih dahulu harus dibersihkan dan tunggu sampai benar-benar kering. Setelah itu, barulah oleskan lidah buaya di seluruh wajah (jangan hanya pada area berjerawat karena tujuannya agar jerawat batu tidak menyebar ke permukaan yang lain). Tunggu beberapa menit lalu bilas pakai air bersih. Lidah buaya mengandung zat anti bakteri dan bisa mensterilkan wajah.

2. Serum green tea

Serum greentea terbilang produk yang cukup mahal. Bahkan untuk mendapatkan 15 ml-nya, kamu harus merogoh kocek minimal Rp50 ribu. Tapi, jangan anggap remeh serum green tea karena banyak yang membuktikan bahwa jerawat batu bisa menghilang dengan produk ini.

3. Jeruk nipis


Jeruk nipis sangat berisiko buat kulit sensitif, dan perih di wajah saat diaplikasikan begitu saja, sehingga kamu tidak boleh langsung meneteskannya begitu saja. Kamu bisa menggunakan media perantara seperti kapas atau kain bersih.

4. Tomat

Tomat diperkaya dengan vitamin A dan likopen, sehingga kamu yang ingin menuntaskan jerawat batu, bisa sesekali mencoba masker tomat sebagai alternatif pendamping di kala tidak punya budget lebih untuk membeli krim atau produk mahal.

5. Kayu manis dan madu

Bubuk kayu manis dan penambahan madu sedikit akan efektik memerangi jerawat batu bahkan menghilangkannya dalam waktu beberapa hari kalau kamu rutin mengoleskannya secara berkala.

Cara menghilangkan jerawat di punggung

Jerawat di punggung merupakan jenis jerawat yang sulit diatasi. Selain letaknya yang sulit dicari, kemunculan jerawat di tubuh bagian belakang ini juga tidak terasa. Kadang saat dipijitlah baru terasa ada jerawat yang muncul di sana. Nah, kalau kamu mengalaminya coba gunakan bentuk perawatan dengan produk dan bahan alami di bawah ini:

1. Mengoleskan minyak bulus atau lintah hitam

Minyak bulus atau lintah hitam diproses secara alami dan sejak zaman dulu sering digunakan sebagai obat kulit. Nah, kalau kamu menggunakan minyak ini, pertama tama bersihkan punggung terlebih dahulu (atau bisa setelah mandi) berkacalah dan temukan bagian mana yang ditumbuhi jerawat lalu oles minyak bulus atau lintah. Tunggu beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat supaya minyak hilang dan kulit jadi kesat.

2. Masker timun

Masker timun memang baik untuk mengobati kulit berjerawat, termasuk punggung sekali pun. Kalau kamu pake masker timun, pertama-tama buah ini harus kamu haluskan terlebih dahulu lalu balurkan ke punggung yang berjerawat, lalu tunggu sampai air mulai menyusut, setelah itu bilas pakai air dingin.

Untuk mencegah timbulnya jerawat kamu harus mulai rajin memerhatikan kesehatan kulit. Mulai dari peduli dengan gaya hidup dan pola makan. Selain itu rajinlah membersihkan wajah setelah melakukan segudang aktivitas supaya tidak ada kotoran yang menempal. Sebab, debu dan lainnya menjadi pemicu timbulnya jerawat.