4 Kelebihan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Tanah yang dimiliki cukup sempit, sedangkan kamu membutuhkan banyak ruang untuk memenuhi kebutuhan keluarga? Jangan khawatir, karena kamu bisa membangun rumah ke arah atas alias menaikannya menjadi 2 lantai.

Rumah minimalis dengan tipe 2 lantai sudah cukup banyak digunakan di Jakarta. Terutama di beberapa perumahan elite yang memberikan kesan mewah namun tetap simpel dan elegan. Tanah yang digunakan juga rata-rata tidak terlalu besar.

Untuk kamu yang masih menimang apa saja kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan desain rumah minimalis namun untuk jenis rumah 2 lantai. Berikut ini ulasan lengkapnya :

1. Fungsi Ruangan Lebih Optimal

desain rumah minimalis lantai 2
ndikhome.com

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan adalah, fungsi ruangan menjadi lebih optimal jika terdapat 2 lantai. Biasanya manusia memang membutuhkan banyak hal dan membutuhkan ruang yang bertambah dan bukan berkurang untuk memenuhinya. Untuk itu 2 lantai rumah akan memenuhi kebutuhan kamu.

Terutama untuk kamu yang memiliki keluarga besar atau menyediakan ruangan lebih untuk menjadi tempat bermain anak dan tempat tidur tamu. Seringkali agar lebih intim dan juga hangat, lantai dua dijadikan ruang keluarga dan tempat bercengkrama.

2. Terlihat Besar

desain rumah minimalis 2 lantai 6x15
desainrumahmodern.com

Jika dilihat dari luar rumah, untuk desain minimalis 2 lantai memberikan kesan besar dan luas. Meskipun tanah yang digunakan untuk membangun rumah tidaklah besar.

Efek yang ditimbulkan bisa saja berdampak pada sirkulasi udara rumah dan juga kenyamanan pengguna atau tamu ketika berada di rumah tersebut.

Untuk lantai 1 minimalis seringkali terlihat sempit dan juga terlalu kaku. Bahkan jika kamu membelinya di perumahan dengan model dan jenis yang sama, rasanya monoton dan biasa saja.

3. Privasi Terjaga

desain rumah minimalis tampak depan

Seperti yang sudah diungkapkan oleh beberapa artikel sebelumnya. Ciri khas dari rumah minimalis adalah tanpa sekat dan juga tanpa pembatas.

Hal ini menyebabkan rumah akan mudah terlihat secara keseluruhan oleh tamu atau orang yang datang. Bagi sebagian orang yang ingin duduk cantik tanpa terganggu oleh tamu akan sulit. Untuk itu, lantai 2 bisa dibuat untuk menjaga privasi keluarga agar tidak terlihat orang lain.

4. Lebih Bagus Desainnya

desain rumah minimalis terbaru
interiordesign.id

Rumah minimalis memang membutuhkan ventilasi, taman dan jendela dengan tipe yang menjulang tinggi atau lebar. Jika hanya satu lantai saja rasanya kurang bagus dan kurang kesan minimalisnya.

Untuk itu rumah minimalis dengan 2 lantai menghidupkan suasana Minimalis yang hadir. Biasanya penggunaan furniture dan beberapa bahan bangunan sudah pasti lebih boros, namun lebih mudah diaplikasikan desainnya.

Banyak orang yang akhirnya memilih rumah minimalis 2 lantai dibanding 1 lantai karena terlihat lebih bagus.

Dari sekian banyak kelebihan pasti ada juga kekurangan rumah minimalis dengan 2 lantai ini. Namun kembali ke selera masing-masing orang yang menginginkan rumah yang nyaman dan juga sesuai dengan impian mereka. Bagi beberapa orang yang memiliki anak kecil, rumah 2 lantai jelas membahayakan anak-anak.

Bisa juga untuk orang tua yang memiliki anak sampai 4 atau 5, mereka membutuhkan ruangan yang lebih luas dan memanfaatkan lantai 2.

Untuk itu desain minimalis tidak bermasalah jika kamu ingin membangun rumah hanya 1 lantai atau justru sebaliknya ingin bertingkat.

Selama tidak meninggalkan esensi minimalis seperti cat, tipe furniture, warna, cara menaruh atau menata ruangan dan juga peralatannya sesuai dan mendukung desain minimalis. Selamat mencoba ya!

Sumber: Hustopia.com