5 Ide Bisnis Rumahan Pilihan Untuk Pengusaha Pemula

Untuk kamu yang lagi nyari ide bisnis rumahan yang bisa dikerjakan di desa atau rumah tempat kamu tinggal. Berikut akan kita bahasa ide-ide usaha atau bisnis yang bisa kamu jadikan inspirasi usahamu.

Ide Bisnis Rumahan

Bisnis Hijab

Untuk kamu yang lagi mau buat usaha tapi degnan modal yang tidak terlalu tinggi, kamu bisa mencoba dengan berbisni hijab. Untuk memulai usaha hijab mungkin sekitar 6-10 juta sudah bisa. Kamu tidak perlu membuat sendiri untuk memulai usaha hijab ini. Caranya bisa dengan mencari supplier hijab yang ada di daerahmu atau jika kamu ining menukan pemasok atau supplier hijab yang banyak pilihan kamu bisa berkunjung ke tanah abang. Ketika memilih supplier kamu harus cermat dalam tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang bagus supaya kamu dapet untung yang besar nantinya.

Untuk memasarkan hijab di Indonesia masih bisa sekali, karena pasar di bagian ini sangat besar. Selain karena Indonesia ini merupakan negara dengan penduduk beragam Islam terbanyak di dunia, orang indonesia terutamanya wanita biasanya suka mengoleksi baju-baju baru. Kamu juga bisa memasarkan peroduk hijab mu ke negara tetangga seperti Brunei dan Malaysia.

Usaha Katering

Untuk memulai usaha katering memang perlu modal yang lumayan besar karena dalam usaha katering memerlukan perlengkapan yang cukup banyak, seperti harus membeli alat-alat masak dan bahan-bahan makanannya. Untuk kamu yang masih pemula bisa menargetkan pasar yang kecil-kecil dahulu yang kapasitasnya tidak lebih dari 50 orang seperti menyuplai makanan ke acara-acara workshop atau seminar.

Buatlah menu yang bahannya mudah ditemukan di dalam negeri untuk memangkas di biaya produksi. Untuk memulai usaha ini kamu harusny bisa masak denga ngerti bahan-bahan masakan, akan tetapi jika kamu banyak uang kamu bisa menggaji koki.

Usaha Warung Makan

Ide bisnis rumahan yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah peluang usaha rumahan di desa yaitu membuat warung makan. Usaha rumah makan sebenarnya sebelas dua belas sama katering. Akan tetapi, modal untuk usaha rumah makan modalnya lebih besar dibandingkan denga usaha katering, karena untuk membuka warung makan kita perlu menyewa tempat. Kalo kamu udah penya tempatnya sih enak.

Usahakan jual menu-menu yang biasa aja yang bahan-bahannya tidak susah dicari di dalam negeri. Kamu bisa buka rumah makan di dekat kampus dengan target para mahasiswa. Ketika membuka warung makan wajib masakanmu harus enak. Apabila tidak enak orang tidak akan balik lagi ke rumah makanmu.

Peluang Usaha Kerajinan Tangan

Membuka usaha kerajinan tangan bisa dengan mengambil dengan bahan yang tersedia di dalam negeri. Kalo kamu kreatif bisa buat sendiri kerjainan tangannya atua kamu bisa mempekerjakan pegawai di sekitar rumahmu. Kamu juga bisa mendatangkan produk kerajinan dari sentra usaha kreatif yang ada di daerah.

Untuk kamu yang mencari kerajinan yang terbuat dari bahan bamu, kamu bisa cari di daerah Sumedang dan Sleman. Jika mau cari kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat, kamu bisa pergi ke Bantul, Yogyakarta. Kamu perlu tahu basic knowledge dari kerajina yang akan kamu pasarkan supaya nantinya bisa mudah dalam penjualannya.

Usaha Jamu

Mungkin orang bilang kalo jualan jamu itu haru keliling muter berjalan kaki gendong bakulan jamunya. Perlu kamu tahu ternyata jamu Indonesia memiliki pasar di mancanegara, dimana biasanya orang yang kerja atau kuliah di luar negeri banyak mencari jamu asli Indonesia.

Jamu bagi penduduk lokal pun masih banyak peminatnya. Untuk memulai usaha jamu kamu perlu tahu bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan. Bahanyanya jika kamu asal-aslan meracik jamu, bukannya sehat nanti malah muntah-muntah keracunan.