Jenis-jenis Kain Brokat dan Harganya

Kain brokat adalah kain yang penuh akan dekorasi. Dari asal bahasanya “brukat” atau “brokat” berarti kain yang di sulam, yang diambil dari kata Italia yaitu “brocalo”. Beberapa orang juga menyebutkan brokat diambil dari kata “brocarre” yang mempunyai arti menusuk atau bahan yang ditusuk. Bukan berarti kain brokat termasuk bahan renda dan bahan embroidery atau jenis kain lainnya.

Kain yang paling banyak diminati bagi kaum wanita ini juga mempunyai berbagai jenis yang berbeda. Tidak hanya dipakai untuk kebaya saja, namun bahan kain brokat ini juga bisa dimanfaatkan untuk pakaian model lainnya.

Kain brokat ini sendiri sudah dikenal sejak lama dengan model pola yang beragam seperti bunga, tanaman, atau unsur pola liannya. Umumnya kain ini selalu dilengkapi dengan furing sebab tekstur yang cenderung keras dan bisa membuat rasa gatal pada kulit. Ragam inspirasi tentang busana anda bisa cek di meahijab.com

Bagi anda yang berniat membuat pakaian wanita beraksesoris dari bahan brokat, penting untuk mengetahui bahan kain brokat yang berbagai jenis dan varian. Agar tidak salah pilih simak beberapa hal ini berserta harganya:

Brokat Semi Prancis

Brokat Semi Prancis

Jenis kain brokat ini sangat terkenal sehingga menjadi produk yang paling banyak dimintai bagi para kaum pecinta kebaya. Tekstur pada bahan kain brokat ini halus, tidak ngaret dan juga tidak menimbul. Bahan yang satu ini biasanya dijual dan rata-rata dimiliki oleh produk lokal. Bahan ini juga dijual dalam bentuk panel atau potongan pabrik dengan ukuran sekitar 250 x tiga 145 cm, yang harga juga sangat beragam.

Harga pada kain brokat ini dijual mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000 dengan potongan ukuran 300 x 150 cm dan kebanyakan dimiliki produk ekspor. Anda dapat menemukankan di pasaran, baik online store maupun offline store di kota anda.

Brokat Prada

Brokat Prada

Jenis kain brokat ini sering anda jumpai di toko-toko jenis Semi Prada atau Semi Chemical. Pada kain brokat asli ini memiliki harga yang sangat mahal, walaupun yang sering dijual di toko juga memiliki kualitas yang tak kalah bagus. Tekstur pada kain brokat prada adalah sangat timbul dan berat.

Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari 1 tone,2 tone hingga 3 tone. Pada setiap potongan yang berukuran 1,4 m dijual dengan harga Rp 120.000. Pada kain yang berkilap mempunyai harga yang lebih tinggi daripada yang tidak berkilap. Jangan lupa ketika anda membelinya pastikan jenis kainnya tidak cacat.

Brokat Jepang

Brokat Jepang

Bahan kain brokat tipe ini banyak dipilih oleh para desainer. Selain mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan brokat semi prancis dan dari harga juga lebih murah ketimbang brokat semi prancis. Pada umumnya orang memilih bahan brokat Jepang karena dianggap terasa sintetisnya. Bahan brokat ini tentu saja cocok untuk dipadukan dengan busana kebaya. Sebab akan terlihat lebih sederhana namun elegan.

Brokat Corneli

Brokat Corneli

Jenis kain brokat satu ini merupakan brokat dengan tile yang tidak kalah cantik untuk dipakai bersamaan dengan kebaya. Tekstur bahan brokat corneli juga timbul dan pada pinggiran motif kain brokat terdapat benang yang timbul. Benang tersebut biasanya disebut chord, yang juga asal mula mengapa brokat ini dinamakan corneli. Harga jenis brokat ini dijual sekitar Rp 90.000 dengan ukuran per meter.

Jika ada harga yang murah sekitar Rp 50.000 per meternya. Namun pada bahannya ada pula yang berjenis kasar dan tidak nyaman saat digunakan. Sebab kain ini mempunyai bolong-bolong kecil pada kain brokatnya. Sementara beratnya, kain ini termasuk berat jika dipakai. Dan memiliki bordiran yang rapat dan kecil.