6 Jenis Makanan Khas Maluku yang Terkenal Dengan Rasa Lezatnya

Makanan Khas Maluku – Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi tempat wisata bagi wisatan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari mancanegara. Daerah ini dikelilingi oleh wilayah perairan.

Maluku juga terkenal dengan pantainya yang cantik, serta gugusan pulaunya yang menarik.
Selain wisata alamnya yang indah, maluku juga terkenal dengan kulinernya yang sangat enak. Maluku memiliki makanan khas yang tak kalah enaknya dari makanan khas daerah lain di Indonesia.

Salah satu hal yang wajib anda lakukan saat datang berlibur atau berkunjung ke daerah ini ialah mencicipi makanan khasnya. Sangat disayangkan kan kalau anda berlibur jauh-jauh ke Maluku, lalu yang anda cari adalah McDonal’s atau KFC.

Pada tulisan ini, kita akan membahas berbagai makanan khas maluku agar nanti ketika anda datang ke maluku, anda sudah tidak bingung lagi mau cari makanan apa yang enak. Anda tinggal mencari rumah makan yang menghidangkan makanan khas maluku yang ingin anda cicipi.

Makanan khas Maluku ini memang tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat umum Indonesia, namun ketika anda mencicipinya, dijamin anda akan ketagihan. Wisatawan manca negara pun banyak yang doyan dengan makanan khas daerah ini. Penasaran apa saja makanan khas Maluku. Berikut ini makanan khas Maluku yang kelezatannya tidak diragukan lagi:

1. Makanan Khas Maluku, Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda khas maluku
irisindonesia.com

Saat berkunjung ke Maluku, jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini. Makanan khas Maluku yang berasal dari pulau Banda ini, rasanya bikin ketagihan. Kuahnya yang lezat membuat masakan ikan kuah pala banda begitu istimewa. Makanan ini kaya akan bumbu rempah yang sudah terkenal sejak dalu, ini juga yang membuat makanan ini memiliki rasa khas yang berbeda dari makanan-makanan yang lain.

Ikan kuah pala ini biasanya disajikan dengan ikan kakap merah bakar, urap daun papaya, dan sambal bekasang yang diolah dari ikan cakalang tumbuk. Karena lezatnya, dahulu makanan ini merupakan makanan para petinggi orang-orang belanda.

2. Papeda

Makanan yang satu ini pasti pernah kamu dengar kalau kamu termasuk pecinta kuliner. Kalau kamu belum tahu, tenang aja karena kamu telah membaca aritkel ini. Papeda merupakan makanan khas maluku terbuat sagu. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia karena bentuknya yang unik, agak kenyal dan rasanya tawar.

Makanan khas maluku ini biasanya disajikan bersama dengan ikan tongkol bumbu kunyit, mubara, kakap, bahkan ikan gabus. Agar terasa lebih nikmat, cicipilah makanan ini dalam keadaan hangat.

Selain rasanya yang nikmat, menyantap makanan ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh karena makanan ini mengandung nutrisi yang tinggi, kaya akan serat, dan rendah kolesterol.

3. Nasi Lapola

makanan khas maluku Nasi Lapola
juragangembul.my.id

Maluku dikenal dengan makanan pokoknya yaitu sagu, namun bukan berarti mereka tidak makan nasi. Bahkan salah satu makanan khas adalah nasi, yaitu nasi lapola. Makanan khas maluku ini biasanya dimasak dengan menggunakan kacang tolo.

Nasi lapola adalah beras yang dimasak dengan api kecil sampai setengah matang, lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, garam, dan kelapa parut, lalu diaduk sampai rata. Setelah adonan nasi lapola dikukus hingga matang.

4. Ikan Komu Asar

Makanan khas maluku yang satu ini wajib anda cicipi, bila benar-benar ingin mencoba kekayaan makanan khas yang ada di seluruh indonesia. Makanan ini cukup terkenal dan populer, apalagi di kalangan para pecinta kuliner.

Bahan dasar masakan ini adalah ikan cakalang, rasa makanan ini dijamin akan membuat lidah anda ketagihan untuk mencicipinya. Ikan cakalang yang ada pada makanan khas maluku ikan komu asar ini dimasak dengan cara ditusuk dan diasapi sampai satu jam. Setelah matang, ikan ini disajikan dengan sambal colo-colo dan nasi hangat. Ikan komu asar ini juga bisa dibuat dengan menggunakan ikan tongkol atau ikan tuna.

5. Sagu Woku Komo-komo

Makanan khas Maluku ini juga berbahan dasar sagu. Untuk membuat makanan ini, awalnya sagu direndam dalam air dingin selama satu jam. Makanan ini menggunakan bumbu yang terdiri dari bawang putih, serai, dan jahe ditumis. Sekilas makanan ini terlihat sama dengan talam sagu bakar, namun sama sekali berbeda.

Makanan ini lebih cocok dihidangkan sebagai lauk untuk makanan utama. Namun sebenarnya makanan ini juga cukup dijadikan makanan utama karena di dalam terdapat campuran jahe dan jeroan ikan. Ketika berkunjung ke maluku, makanan ini wajib anda coba.

6. Bubur Sagu Ubi

Selain papeda, Maluku juga penya jenis bubur sagu lain yang dicampurkan dengan ubi. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang ada di Maluku. Bubur sagu ubi mempunyai cita rasa manis dan sangat cocok dijadikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa.

Mananan yang lezat ini dibuat dari campuran ubi merah, sagu lempengan, dan kenari. Agar bubur ini memberikan rasa yang enak, bubur ini ditambahkan dengan gula pasir, gula merah, dan daun pandan.
unutk membuat makanan ini, terlebih dahulu sagu direndam selama satu jam hingga mengembang. Setelah itu, sagu dicampur dengan bahan-bahan lainnya dan dimasak sampai semua gula larut.

Kemudian proses selanjutnya yaitu mendidihkan kembali air gula, lalu masukkan ubi merah dan sagu yang sudah lunak dan masak sampai matang dan kental. Saat bubur sagu ubi sudah siap dihidangkan, orang maluku biasanya menyiramkan bubur ini dengan saus khusus yang dibuat dari campuran santan, garam, kelapa parut, daun pandan, serta taburan kenari.

Demikianlah ulasan singkat tentang makanan khas maluku yang rasanya bikin ketagihan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat menikmati.