9 Makanan Saat Lebaran yang Wajib Ada

Makanan Saat Lebaran – Semua muslim di seluruh dunia pasti selalu menantikan hari raya lebaran. Momen yang ada setiap satu tahun sekali itu menjadi hadiah kemenangan setelah sebulan sebelumnya menjalani perang melawan hawa nafsu.

Dan satu hal yang ditunggu-tunggu adalah menu makanannya. Karena hanya setahun sekali, makanan-makanan yang disajikan adalah makanan yang khas dan tentu saja enak.

Nah, apa saja makanan-makanan saat lebaran itu tiba. Kami mencoba mengulasnya dalam artikel ini.

Makanan Khas Lebaran:Ketupat

makanana lebaran

Yang pertama sudah pasti ketupat. Makanan berbahan dasar beras ini WAJIB ada ketika lebaran datang. Ketupat dibentuk dari anyaman janur (daun kelapa) dengan motif segiempat asimetris.

Kemudian di dalamnya diberi beras yang kemudian di rebus ke dalam air panas. Dalam masyarakat Jawa, ketupat tidak hanya makanan, di dalamnya mengandung filosofi agung.

Ketupat adalah kependekan dari Ngaku Lepat atau dalam bahasa Indonesianya mengaku salah. Arti lain, ketupat merupakan Laku Papat atau empat tindakan, yakni Lebaran (usai), Luberan (melimpah), dan Laburan (labur).

Opor Ayam

makanan khas lebaran

Yang kedua adalah Opor Ayam. Ada ketupat wajib juga ada opor ayam. Makanan dari daging ayam ini saat lebaran pasti menghiasi meja-meja makan.

Rasa dari opor ayam begitu gurih, karena campuran rempahnya yang melimpah. Ditambah lagi dengan santan.

Rendang

Rendang yang pada tahun 2011 lalu dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia saat lebaran tiba.

Semur

Tahukah anda bahwa nama makanan Semur merupakan sebuah kata dari bahasa Belanda “Smoor”, yang berarti masakan yang direbus dengan tomat sampai empuk.

Tiap tahunnya, Semur tak pernah absen mengisi meja-meja keluarga ketika lebaran datang.

Nastar dan Kastangel

Seperli halnya Semur, Nastar dan Kastangel juga merupakan dari bahasa Belanda. Kastangel berasal dari kata Kaas dan Stagel.

Kaas yang berarti keju dan Stangel berarti batangan. Kue Nastar yang termasuk dalam jenis kue kering ini, hampir setiap lebaran mengisi toples-toples untuk menyambut para tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Untuk anda yang hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba resep kue kering yang di dalamnya termasuk resep membuat kue Nastar tersebut.

Astor

Astor

Makanan saat lebaran selanjutnya adalah Astor. Makanan ini banyak disukai oleh anak-anak karena rasanya yang renyah dengan berbagai rasa yang menggoda. Seperti cokelat, stroberry, kacang dan lain-lain.

FYI, Astor adalah makanan ringan berbentuk batangan kecil yang memanjang. Namun seiring berjalannya waktu, bentuk dan rasa Astor semakin bervariasi.

Lontong Sayur

Sebenarnya bukan pada saat hari Lebaran saja, saat hari biasa pun kita dengan mudah menjumpai makanan ini.

Makanan ini mengkombinasikan lontong dengan saur labu, ditambah dengan campuran lain, seperti telur, sambal dan kacang.

Kacang Goreng

Makanan ringan ini biasanya dimasukan ke dalam toples di sandingkan dengan Astor dan kue kering lainnya.

Sambal Goreng Ati

Meskipun sudah ada opor ayam dan ketupat, tidak lengkap rasanya kalau belum dicampur dengan sambal. Nah, pasangan yang cocok untuk menu tersebut adalah sambal goreng ati. Di jamin momen lebaran anda semakin kerasa dengan perpaduan makanan tersebut.

Demikian makanan-makanan saat lebaran yang bisa kami ulas. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lebaran lainnya, namun saya rasa semua yang telah disebutkan diatas sudah mewakili semuanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk komen dan share ya…