7 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Leci – Sering dijadikan sebagai toping berbagai minuman, leci ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh. leci memiliki berbagai nutrisi yang melimpah. bahkan nutrisinya hampir sama dengan buah lainnya seperti jeruk, pepaya, maupun semangka.

Leci memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Oleh sebab itu sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan kita. selain itu senyawa alami pencegah kanker juga terdapat pada buah mungil ini.

Siapa sangka di balik bentuknya yang mungil leci memiliki kandungan quercetin, kemferol, flavonoid hingga fosfor dan magnesium. Semua kandungan alami ini sangat diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit jantung, kanker hingga menjaga kesehatan tulang.

Bagi yang ingin menjaga gaya hidup sehat dengan tetap mengkonsumsi makanan lezat, cobalah rutin mengkonsumsi leci yang memiliki banyak manfaat. Berikut ulasan selengkapnya tentang manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah kanker

Mencegah kanker

Leci memiliki flavonoid yang tinggi. Flavonoid inilah yang berfungsi sebagai anti kanker. Selain itu terdapat pula senyawa ampuh seperti quertecin, kemferol yang bermanfaat mencegah berbagai kanker terutama kanker payudara. Leci juga bermanfaat sebagai buah untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya karena memiliki sejumlah senyawa antioksidan.

2. Menyehatkan jantung

manfaat buah leci

 

Leci berkhasiat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi 1 gelas jus leci setiap hari akan membantu anda mendapatkan jantung yang sehat. Didalam leci terdapat polifenol yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menekan semua penyakit kardiovaskular. Hal ini juga sama khasiatnya dengan buah pala, blewah, mangga dan pepaya.

3. Menjaga kesehatan tulang

manfaat buah leci

Siapa sangka leci juga merupakan sumber fosfor dan magnesium yang melimpah. selain itu terdapat pula zat seng, tembaga, dan vitamin D yang mampu memelihara kesehatan tulang dan gigi. Bagi yang alergi susu sapi, anda bisa menggantinya dengan buah leci sebagai alternatif sumber kalsium dan mineral untuk menguatkan tulang.

4. Meningkatkan imunitas

Didalam leci juga terdapat sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi inflamasi akibat radikal bebas.

Leci bermanfaat menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit serta membuat tubuh mendapatkan nutrisi secara lebih maksimal. Imunitas yang tinggi juga bisa mencegah kulit dari masalah penuaan dini.

5. Anti penuaan

Kulit menjadi lebih terjaga kesehatan dan kecantikannya dengan konsumsi buah leci secara rutin. Leci memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini bermanfaat mengatasi penuaan dini akibat radiasi sinar UV, dan polusi.

Tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan bintik gelap bisa teratasi dengan konsumsi leci. Selain itu kulit terasa lebih kenyal karena kandungan vitamin C nya efektif mengencangkan kulit yang keriput.

6. Memberi nutrisi pada kulit

Kandungan seperti thiamin, niacin, dan tembaga pada buah leci sangat bagus untuk memberi nutrisi dan kesehatan pada kulit. Zat Thiamin berfungsi sebagai metabolisme lemak dan protein di dalam tubuh.

Sedangkan zat Niacin sangat berguna untuk meningkatkan hidrasi pada kulit. Lalu zat tembaga dalam jumlah yang tidak terlalu banyak bisa mengembalikan sel-sel kulit yang mati.

7. Dapat melindungi rambut kepala

Buah leci mengandung banyak vitamin C yang membantu dalam integritas mikro sirkulasi. Sehingga pasokan darah yang mengalir ke folikel rambut tetap terjaga.

Itulah berbagai manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh. semoga menambah alasan anda untuk rutin mengkonsumsi buah leci.