Manfaat Oatmeal

Lebih sering dikonsumsi sebagai asupan penderita penyakit jantung, faktanya banyak orang kini berbondong-bondong memakai masker oatmeal alias si gandum utuh sebagai bahan perawatan kulit wajah.

Masker oatmeal merupakan masker yang terbuat dari oatmeal asli dan dikenal sebagai bahan alami kaya akan saponin.

Nah, zat bernama saponin inilah yang bikin oatmeal menghasilkan busa saat digosokkan ke wajah, sehingga kotoran, minyak, dan debu yang menempel pada kulit bisa terangkat secara merata dan terasa kesat.

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif

Tahukah kamu? Bagi penderita kulit sensitif, oatmeal juga dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping berupa ruam merah maupun jerawat. Jadi, kalau kamu takut dengan dampak buruk yang ditimbulkan dari bahan-bahan kimiawi untuk perawatan muka, bisa memilih oatmeal sebagai komposisi paling baik sekaligus murah.

Di mini market atau toko terdekat pun kamu bisa mendapatkan oatmeal dengan mudah disertai berbagai varian. Akan tetapi, lebih baiknya lagi carilah oatmeal yang masih benar-benar original atau tidak tercampur dengan bahan lain, sehingga bakal tetap aman saat diaplikasikan ke permukaan kulit, terutama bagian wajah.

Biar lebih jelasnya lagi, perhatikan beberapa manfaat oatmeal berikut ini yang bikin kamu pengen cepet-cepet mencobanya:

1. Melembapkan kulit

Bagi mereka atau kamu yang punya kulit kusam, kering, dan tampak tua, maka cobalah untuk mulai mengaplikasikan masker oatmeal ke wajah secara rutin yakni dua kali dalam sehari. Campurkan antara oatmeal, yogurt plain (tanpa rasa), dan madu menjadi satu lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, balurkan ke wajah dan tunggu hingga 15 menit. Terakhir, basuh wajah menggunakan air dingin atau hangat.

2. Menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat

manfaat oatmeal dengan madu

Oatmeal juga dipercaya mampu menghilangkan bekas serta mencegah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan sifat oatmeal yang dibekali kandungan anti bakterial sehingga ampuh melawan segala jenis bakteri penyebab jerawat.

3. Memperlambat penuaan dini

manfaat oatmeal bagi penderita maag

Kulit yang tidak terpenuhi nutrisinya, maka akan mudah berkeriput, kusam, dan tampak tua. Nah, kandungan kolagen dalam oatmeal mampu melembabkan dan mempercantik tekstur kulit secara perlahan-lahan.

Selain itu, penggunaannya yang rutin juga akan mampu meremajakan kulit wajah dalam kurun waktu berbulan-bulan. Memang agak lama sih karena bahan alami tidak akan memberikan hasil instan, tetapi bertahap dengan jaminan lebih aman.

4. Melindungi kulit dari perubahan warna gelap

Sala satu cara memutihkan wajah adalah tidak membiarkannya menjadi gelap. Sebab,kadang-kadang nih ya, akibat banyak faktor kerusakan yang menimpa kulit seperti pigmentasi dan flek hitam bikin wajah jadi kelihatan gelap.

Jadi sebelum itu terjadi, lebih baik mulai gunakan masker oatmeal secara berkala. Tidak harus intens, terpenting tidak konsisten.

Manfaat oatmeal untuk kecantikan

Berbicara soal kecantikan, tentu tidak terbatas pada wajah saja ya, melainkan juga kulit tangan, kaki, dan bagian lainnya. Nah, buat kamu yang punya bekas luka di tangan atau kaki, coba deh gunakan krim daro oatmeal setiap hari.

Caranya mudah kok, kamu cukup menghaluskan oatmeal dengan blender lalu tambahkan sedikit air hasil rebusan kayu secang. Dijamin, bekas luka atau cacar air yang mengotori kulit akan hilang!

Sekadar tips buat kamu nih yang ingin memadukan bahan-bahan alami, ada baiknya mencermati setiap kandungan dan manfaat di dalamnya supaya saat dikombinasikan akan tercipta obat alami atau herbal secara sempurna. Jadi kamu nggak bakal sia-sia sewaktu meraciknya.