Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Kalau ngomongin soal susu, biasanya langsung berpikir susu sapi atau mungkin susu kedelai. Tetapi tahukah kamu? Bahwasannya manfaat susu kambing lebih hebat dari susu sapi dan susu kedelai?

Seperti yang ada di wikipedia.org, susu kambing adalah susu yang dihasilkan kambing betina setelah melahirkan. Dalam jangka waktu 0-3 hari kambing menghasilkan susu kolostrum yang mengandung banyak zat gizi jika dibanding susu sapi.

Susu kambing adalah salah satu minuman terbaik di dunia setelah ASI. Susu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan, susu kambing terutama jenis susu kambing etawa memiliki kandungan gizi yang kaya, seperti lemak baik, protein, vitamin, enzim, dan mineral. Susu kambing etawa memiliki komposisi gizi yang sangat mirip dengan ASI.

Kalau kamu tertarik, coba deh cari yang jual susu kambing etawa di sekitar rumah kamu, atau bisa juga cari di online.

Apa saja sih manfaat susu kambing etawa? Berikut beberapa ulasan tentang manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh.

1. Terdapat Asam Lemak Esensial

Susu untuk memutihkan wajah
caracepatmemutihkanwajah.com

Susu kambing etawa memiliki kandungan asam lemak sekitar 35% lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi yang hanya 17%. Susu kambing etawa juga lebih terasa khasiatnya bila diminum dalam keadaan masih mentah. Bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa atau laktose inteoleran.

Susu kambing etawa juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Asam lemak antimikroba yang terdapat dalam susu etawa seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan kita.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, susu kambing etawa sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Susu ini memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan. Selain itu, kamu juga akan lama lapar, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa membuat susu ini aman diminum oleh penderita laktose intoleran yang akan sakit jika minum susu sapi.

3. Tidak Menyebabkan Alergi

Ada beberapa orang yang menderita laktose intoleran, mereka menderita alergi jika meminum susu sapi. Tapi kamu jangan gundah gulana, susu kambing etawa bisa menjadi alternatif yang sangat ampuh dan mujarab untuk mengatasi masalah yang kamu alami.

Kandungan lemak yang cukup tinggi dalam susu sapi menyebabkan terjadinya penumpukan lendir yang dapat memicu alergi. Sementara itu, globula-globula lemak yang terdapat dalam susu kambing etawa hanya 1/9 dari lemak yang ada pada susu sapi. Sehingga, iritasi pada usus manusia karena mengkonsumsi susu dapat dihindari.

4. Untuk Penderita Osteoporosis

kefir
healthline.com

Penderita osteoporosis biasanya akan mengkonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium ke dalam tubuh. Sebenarnya, tidak ada salahnya hal tersebut, tapi kenapa kita tidak mencoba beralih ke susu kambing.

Karena, susu kambing etawa mengandung banyak kalsium dan asam amino triptofan. Kalsium, sangat membantu untuk memadatkan tulang, pertumbuhan, mencegah osteoporosis dan juga pengapuran tulang. Hal ini tentu sangat baik jika dikonsumsi oleh orang tua yang sudah mulai merasakan tidak enak pada badannya.

5. Untuk Mengobati TBC dan Asma

Manfaat Susu kambing etawa yang lain adalah sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit pernafasan seperti Asma, Bronkitis, TBC, Infeksi Paru-paru. Hal ini karena di dalam susu kambing etawa terdapat flourin + betakasein yang baik untuk penderita asma, bronchitis, TBC, dan pneumonia.

6. Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan

Ternyata, susu kambing etawa juga bisa digunakan sebagai masker wajah dan lulur kecantikan. Susu kambing etawa akan dapat menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Sehingga, wajah kamu akan terbebas dari masalah kulit seperti jerawat. Apalagi sekarang ini sudah banyak produk kecantikan yang bahan bakunya adalah susu kambing.