Mempelajari Buku Sejarah Peradaban Islam

Kaum muslim diharapkan untuk tahu dan memahami sejarah dari agama Islam. Melalui buku sejarah peradaban Islam maupun melalui media lain. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila mau mempelajari sejarah dari Islam.

Salah satunya adalah mengambil pelajaran dari masa lalu untuk bisa menjadi muslim yang lebih baik. Ada beberapa cara untuk bisa mempelajari sejarah agam Islam di dunia dan berikut adalah beberapa yang perlu diperhatikan.

Mempelajari Sejarah dan Peradaban Islam

1. Mencari sumber yang valid

Ada banyak sumber untuk bisa belajar mengenal sejarah Islam. Namun disarankan untuk hanya menggunakan sumber yang valid atau bisa dipertanggung jawabkan. Mempelajari Islam dari orang yang memang memilki ilmu dan data terkait sejarah Islam.

Untuk menentukan valid tidaknya sumber, tidak hanya mengacu pada status atau gelar pendidikan tetapi juga cara mengolah data dan cara menyampaikannya. Jika menggunakan buku sejarah peradaban Islam, cari tahu latar belakang atau profil dari penulis.

Karya yang Anda baca tentu harus valid yang memiliki data dari sumber yang valid pula. Dalam catatan sejarah banyak orang yang sengaja menyebarkan Islam yang tidak sesuai syariat untuk melenyapkan Islam dari dunia.

2. Cek dengan sumber terpercaya

Al-quran dan hadis adalah panduan mutlak bagi semua umat muslim. Setiap buku sejarah peradaban Islam yang Anda baca sebaiknya dikroscek dengan data yang ada di Alquran dan sunah Rasul. Cara ini bisa dilakukan agar Anda tidak langsung percaya apa yang dikatakan oleh satu orang.

Apabila datanya sesuai dengan ajaran dasar Islam dan bisa dipertanggung jawabkan, Anda bisa mempelajari dan mengamalkan setiap pengetahuan baru yang diperoleh dari buku atau media sejarah lain.

Mengenal dan mempelajari sejarah dari Islam masa lalu dapat membuat Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan umat muslim mengalami kegagalan atau apa kunci bagi umat muslim mendapatkan kemenangan.

Manfaat lain mempelajari sejarah adalah agar umat muslim menjadi umat yang cerdas dan menghargai perjuangan umat Islam sebelumnya.

3. Referensi lebih dari satu

perbanyak referensi
mastekno.com

Jika Anda menggunakan buku sejarah peradaban Islam sebagai referensi belajar Islam, maka sebaiknya tidak hanya menggunakan satu buku. Mempelajari sejarah dari agama Islam akan lebih baik jika menggunakan lebih dari satu referensi.

Setiap ilmuwan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, maka dari itu referensi tambahan diperlukan agar lebih banyak pula wawasan yang diperoleh. Mempelajari Islam dari berbagai sudut pandang akan membuat Anda lebih mengenal Islam.

Menggunakan referensi lebih dari satu akan membuka wawasan Anda mengenai aliran pemikiran atau pandangan Islam yang berkembang. Jika ada perbedaan, maka Alquran menjadi acuan utamanya.

Sejarah Islam memang banyak dipengaruhi oleh berbagai penafsiran mengenai ayat Alquran. Para ahli pun berusaha untuk menerjemahkan bahasa tersirat yang ada di dalam kitab suci Alquran.

4. Mempelajari perkembangan kerajaan dan kekhalifahan Islam

Tidak hanya sejarah dari peradaban Islam saja, seorang muslim juga perlu mempelajari perkembangan dari kerajaan dan kekhalifahan Islam di masa lampau. Mempelajari bagaimana Islam berkembang hingga menjadi agama mayoritas di berbagai tempat.

Selain itu, penting juga untuk mempelajari politik Islam yang digunakan dalam sejarah Islam. Politik Islam yang digunakan pada zaman dulu hingga Islam modern seperti sekarang.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda mempelajari sejarah Islam melalui buku sejarah peradaban Islam. Mempelajari dengan mengetahui data yang benar dapat melahirkan kaum muslim intelektual.