Pengertian Olahraga Renang

Pada saat ini berenang telah dikompetisikan baik secara nasional ataupun internasional. Tetapi sesungguhnya gimana sejarah renang hingga jadi berolahraga yang terkenal? Mengerti kah kamu?

Renang ialah tipe berolahraga yang melombakan kecepatan si atlet dalam berenang. Menimpa peraturan perlombaan renang telah diresmikan oleh tubuh dunia yang bernama FINA.

Sebaliknya PRSI( Persatuan Renang Segala Indonesia) ialah induk organisasi dari cabang berolahraga renang di Indonesia. Aktivitas berenang ini terdapat yang dicoba di kolam renang indoor ataupun outdoor.

Style renang yang sering diperlombakan merupakan style dada, style leluasa, style kupu- kupu, serta style punggung. Perenang yang dinyatakan menang dalam perlombaan merupakan yang sanggup menuntaskan jarak lintasan sangat kilat. Bila menang dalam babak penyisihan hendak maju ke babak semifinal baru sehabis itu maju ke babak final.

Sejarah Renang

Sudah diawali semenjak berabad- abad tahun yang kemudian saat sebelum terdapat pencatatan sejarah dimana manusia belum memahami tentang tulisan. Bagaikan salah satu fakta tertua yang menarangkan tentang berolahraga renang merupakan dengan ditemuinya lukisan menimpa perenang dalam suatu bilik goa pada era batu.

Menimpa perlombaan berenang sendiri diawali di Eropa pada tahun 1800. Sebagian besar dari para perenang pada dikala itu memakai style dada. Renang sendiri ialah salah satu cabang dari berolahraga yang dilombakan pada dikala Olimpiade Athena 1896.

Sarana Serta Perlengkapan Yang Digunakan Dalam Berolahraga Renang

Sehabis mengenali tentang sejarah renang, disini kita hendak mangulas sarana dan perlengkapan Dalam berolahraga renang. Tanpa terdapatnya sarana serta perlengkapan renang yang lengkap, berolahraga yang satu ini tidak bisa jadi hendak terlaksana dengan baik. Dalam berolahraga renang sarana serta peralatan yang biasa digunakan meliputi:

1. Kolam Renang

Terdapat 2 dimensi panjang kolam renang ialah 50 meter buat kolam renang lintasan panjang sedangkan buat lintasan pendeknya merupakan 25 meter. Sebaliknya buat kedalaman kolam minimum merupakan 1, 35 m, mulai dari 1, 0 m lintasan awal hingga sangat sedikit 6, 0 m.

2. Lintasan

Lebar lintasan kolam renang sangat sedikit merupakan 2, 5 meter dengan jarak dekat 0, 2 meter di luar lintasan awal serta terakhir. Tiap- tiap lintasan tersebut dipisahkan oleh tali lintasan yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Tali lintasan ini terdiri dari serangkaian pelampung berdimensi kecil yang terikat pada seutas tali.

Pelampung ini dapat berputar- putar bila terserang gelombang air serta tiap- tiap dibedakan bagi corak. Corak hijau spesial lintasan 1 serta 8, biru spesial lintasan 2, 3, 6 dan 7, sebaliknya kuning spesial lintasan 4 serta 5.

3. Pengukur Waktu

Dalam perlombaan renang tingkatan internasional papan sentuh bagaikan pengukur waktu otomatis umumnya dipasang pada kedua sisi bilik kolam renang. Ketebalan dari papan sentuh pengukur waktu otomatis ini cuma dekat 1 centimeter. Para perenang mencatatkan waktunya pada papan sentuh sewaktu melaksanakan pembalikan serta finish.

4. Balok Start

Pada tiap balok start terdapat pengeras suara yang berperan buat menyuarakan tembakan pistol bagaikan ciri start. Tidak hanya itu ada pula sensor pengukur waktu yang mencatat perenang kala mulai meloncat dari balok start. Dimensi balok start ini 0, 5 x 0, 5 meter, dengan besar antara 0, 5 meter– 0, 75 meter dari permukaan air.

Seluruh sarana serta peralatan yang digunakan dalam perlombaan berolahraga renang tersebut diatas ialah spesifikasi dari Federasi Renang Internasional. Jadi seluruh sarana serta peralatan itu yang biasa digunakan buat kolam renang dimensi Olimpiade airsoft gun revolver. Dengan kata lain telah ialah dimensi standart Internasional.

Dalam sejarah renang, terdapat bermacam berbagai style yang biasa digunakan. Misalnya semacam style leluasa, style dada, style punggung serta style kupu- kupu. Berikut ini sebagian uraian dari macam- macam style renang bagi Federasi Internasional, di antara lain:

1. Style Bebas

Style leluasa ialah style berenang yang tidak terikat oleh teknik- teknik dasar( ketentuan) tertentu. Pada Style leluasa ini posisi dada menghadap permukaan air, kedua belah tangan bergerak secara bergantian semacam gerakan mengayuh.

Sedangkan kedua kaki dicambukkan naik turun secara bergantian ke atas serta ke dasar. Sebaliknya posisi wajah dalam style renang leluasa ini merupakan menghadap permukaan air. Dalam mengambil napas, perenang dapat menoleh ke kanan ataupun ke kiri.

2. Style Dada

Dalam sejarah renang, style dada sangat terkenal buat renang tipe tamasya dengan posisi badan yang normal serta kepala bisa di luar air dalam waktu yang agak lama. Style dada ataupun biasa diucap dengan style katak ialah style berenang dengan dada menghadap permukaan air.

Posisi badan style dada tetap dalam kondisi senantiasa sebaliknya kedua belah tangan dengan gerakan membelah air. Gerakan badan menirukan gerakan katak yang lagi berenang dengan respirasi kala mulut terletak di atas permukaan air.

3. Style Punggung

Pada dikala berenang style punggung, posisi punggung perenang menghadap ke permukaan air. Sebaliknya posisi mukanya terletak di atas air sehingga gampang mengambil nafas. Pada dikala berenang, kamu cuma dapat memandang ke atas saja tanpa dapat memandang ke depan. Perenang memperkirakan panjang kolam renang dengan metode menghitung jumlah gerakan.

Dalam style punggung ini gerakan kaki serta lengan sama dengan style leluasa tetapi posisi badan merupakan terlentang di permukaan air. Kedua belah tangan digerakkan secara bergantian mengarah pinggang semacam gerakan lagi mengayuh. Posisi mulut serta hidung terdapat di luar air sehingga gampang sekali buat mengambil nafas.

4. Style Kupu- kupu

Dalam sejarah renang, ada pula style kupu- kupu ataupun biasa diucap pula dengan style lumba- lumba. Posisi dada dalam style kupu- kupu ini menghadap permukaan air dengan kedua lengan ditekan ke dasar secara bertepatan. Sebaliknya kedua kaki secara bertepatan menendang ke atas serta ke dasar mirip gerakan sirip ikan lumba- lumba.

Hawa dihembuskan secara kuat- kuat dari mulut serta hidung saat sebelum kepala timbul dari permukaan air. Respirasi dicoba melalui mulut pada dikala kepala terdapat di luar air. Dalam sejarah renang, perenang yang memakai style kupu- kupu ini dituntut dengan tenaga yang lebih besar.

Penutup

Dalam melaksanakan berolahraga renang ini sebaiknya dicoba dengan sangat hati- hati sekali. Sebab dalam sejarah renang. ada bermacam berbagai efek pada dikala terletak di air baik yang di terencana ataupun tidak terencana. Akibat musibah di air dapat menyebabkan cidera hingga kematian akibat tenggelam.

Oleh sebab itu seseorang perenang sebaiknya terlebih dulu mengenali kedalaman sungai, kolam renang ataupun laut yang hendak dipakai buat berenang. Berenang dengan tujuan buat tamasya serta berolahraga kadangkala memerlukan baju serta peralatan spesial guna menolong mempermudah gerakan di air.

Baju spesial renang ini umumnya dibuat dari bahan karet yang menjajaki lekuk badan buat menjauhi masuknya hawa. Seseorang perenang kadangkala memerlukan peralatan spesial semacam ban renang, kaca mata renang, penutup hidung, kuping, serta kepala guna menjauhi efek.