10 Pepatah Bahasa Inggris Beserta Artinya

Berbicara mengenai kalimat pepatah, dalam bahasa Indonesia tentu kamu sudah tahu bukan yang dimaksud dengan kalimat pepatah? Kalimat pepatah pada dasarnya sama dengan kata kiasan. Dalam hal ini idiom yang dikenal sebagai kata kiasan dalam bahasa inggris juga bisa disebut dengan kalimat pepatah.

Pepatah pada umumnya mengandung arti atau makna yang bukan sekedar kalimat akan tetapi lebih kepada suatu istilah bahasa yang mengandung nilai kehidupan dan ditujukan dalam suatu keadaan tertentu. Kalimat pepatah dalam bahasa inggris adalah idiom.

Ada banyak pepatah dalam bahasa Indonesia yang juga ternyata dikenal dalam bahasa inggris. Namun untuk mengubahnya menjadi bahasa inggris tidak bisa diterjemahkan perkata. Hal ini akan menimbulkan kalimat yang tidak etis. Oleh karenanya belajar idiom menjadi hal yang penting untuk mengetahui arti kata pepatah dalam bahasa inggris.

Waktu Kursus Bahasa Inggris

Image Source: englishconnect.fr

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa idiom mungkin mengambil waktu kursus bahasa inggris di Pare bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memang ingin mendalami bahasa inggris. Di sana kamu akan diajarkan oleh para tutor bahasa inggris yang berpengalaman.

Tidak hanya itu, tempat kursus bahasa inggris Pare menjadi sarana tempat kamu bisa secara langsung mempraktekkan kemampuan berbahasa kamu dalam bahasa inggris. Termasuk mengaplikasikan kalimat idiom atau pepatah yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Nah bagi kamu yang belum tahu bagaimana dan apa saja kalimat pepatah yang ada dalam bahasa inggris maka tidak usah khawatir. Bahkan di sini kamu bisa belajar mengenai apa saja contoh bahasa pepatah yang sering digunakan native speaker secara umum. Diantaranya seperti :

  1. Easy come easy go. Mendengar kalimat ini tentu sudah bukan kalimat yang asing lagi di telingamu bukan? Pasalnya kalimat ini juga sering dipakai dalam lirik lagu barat yang sering didengar masyaralat kebanyakan. Nah kalimat pepatah easy come easy go ini bermakna sesuatu yang tidak abadi atau sesuatu yang bersifat sementara. Datang dengan cepat dan pergi juga dengan cepat. Contohnya adalah uang dan ketenaran.
  2. Actions speak louder than words. Makna dari pepatah yang satu ini kurang lebih adalah mengingatkan bahwa aksi atau melakukan suatu kebaikan akan lebih baik dari pada hanya mengatakan tanpa adanya aksi sama sekali. Bukti perlakuan akan lebih baik dari hanya sekedar berkata-kata.
  3. Better safe than sorry. Arti dari kalimat ini adalah keselamatan akan lebih baik dari penyesalan. Kalimat ini memiliki makna bahwa dalam melakukan suatu hal harus dilakukan secara berhati-hati sesuai dengan aturan. Sehingga hasilnya tidak akan menimbulkan penyesalan.
  4. It takes two to tango. Sebernanya kata tango di sini merupakan jenis nama tarian tango yang berasal dari Negara Spanyol. Namun makna dari kalimat ini adalah penting sebuah kerjasama dalam melakukan sesuatu hal yang besar. Sehingga melakukan hal besar sendiri tidak bisa menyelesaikan semuanya dengan maksimal.
  5. Every cloud has a silver lining. Pepatah yang satu ini jika dalam bahasa Indonesia memiliki makna bahwa dalam setiap musibah atau kejadian yang ada di dunia ini pasti terdapat hikmah yang bisa diambil dan menjadi pelajaran.

Pepatah dalam bahasa inggris bisa dinyatakan sebagai sebuah idiom. Namun tidak semua idiom memiliki makan pepatah. Hal ini karena ada kalimat-kalimat idiom tertentu yang lebih tepat digunakan dalam bahasa sehari-hari yang mengungkapkan expression. Yuk, saatnya belajar lebih banyak!