Profil Lengkap Negara Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu!

Profil Lengkap Negara Korea Selatan – Daehan Minguk. Begitu orang korea menyebut ‘korea selatan’. Adalah salah satu Negara republik yang pada hari ini sukses mengekspor budayanya ke berbagai belahan dunia, dimulai dari K-Pop, drama korea, sampai style berpakaian yang khas.

Dari semua yang mereka ekspor, nampaknya drama korealah yang banyak digandrungi oleh siapapun saja di manapun saja.

Nah, di postingan ini kami akan sedikit menuliskan artikel tentang profil lengkap Negara korea selatan dengan singkat. Silakan disimak.

Bahasa Korea Selatan

Bahasa yang digunakan di korea selatan adalah bahasa korea. Nama hurufnya adalah huruf hangul. Diperkirakan ada sekitar 78 juta orang yang menggunakan bahasa korea di seluruh dunia.

Huruf korea termasuk sulit untuk dipelajari, tapi para die hard K-POP dan K-Drama menganggap itu tantangan sehingga tidak sedikit dari mereka yang belajar bahasa korea dengan sungguh-sungguh.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang berlaku di korea selatan adalah presindensil dan menganut demokrasi. Itu berarti pemerintahannya dibagi ke dalam tiga lembaga yaitu lembaga eksekutif, lembaga legislatif, dan lembaga yudikatif.

Bentuk negaranya adalah republik. Dipimpin oleh seorang presiden dengan masa jabatan 5 tahun, dibantu menteri-menteri.

Makanan Khas Korea Selatan

Kuliner ini yang menarik. Banyak makanan khas korea selatan yang juga masuk ke Indonesia. Wajar sih, Indonesia memang selalu menjadi pasar yang empuk selain karena tuturut munding, masyarakat Indonesia selalu antusias untuk ‘mencoba hal baru’. Nah, apa saja makanan khas korea selatan? Ini dia.

Kimchi, terbuat dari sayur-sayuran, biasanya sawi, yang difermentasikan dengan anekaragam bumbu. Biasanya memiliki rasa asam dan pedas.

Kimbap, dibuat dari nasi putih (bahasa koreanya ‘bap’) yang kemudian diselimutkan pada potongan daging, ikan, telur, dan sayuran untuk kemudian digulung. Setelah nasi tergulung, kemudian diselimuti lagi dengan rumput laut kering dan dipotong. Nasi gulung lah ya …

Bibimbap, singkatnya bibimbap ini nasi campur. Terbuat dari nasi putih yang dicampur-campur dengan berbagai macam lauk-pauk.

Bulgogi, pernah makan mie rebus rasa bulgogi? Nah, bulgogi itu asalnya makanan yang berada di korea selatan sana. Bulgogi adalah irisan daging tipis-tipis yang diolah dengan cara dipanggang atau ditumis dalam pan.

Olahraga Populer di Korea Selatan

Di antara olahraga yang paling populer di korea, atau bahkan di seluruh dunia adalah taekwondo.

Dalam olimpiade, atlet-atlet korea mampu bertanding dengan baik. Tidak hanya dalam taekwondo yang memang menjadi olahraga orisinil negaranya, tetapi pada baseball juga, golf juga, panahan, tenis, menembak, tenis meja, speed skating, berenang, dan loncat indah.

Musik Kontemporer Korea, Film, dan Televisi

Trot dan ballad, sampai tahun 1990 masih mendominasi sebagai genre music yang populer di korea selatan. Namun pada tahun 1992, ketika grup rap seo taiji and boys bergabung, korea mengalami perubahan besar-besaran dalam blantika musiknya.

Zaman K-Pop dimulai. Jenis musik yang segar dengan menggabungkan elemen rock, rap, dan techno, diterima masyarakat sebagai sesuatu yang bagus dan mendapatkan apresiasi. Akhirnya K-POP menjadi budaya sampai sekarang dan diminati tidak hanya oleh warga korea, tetapi oleh warga dunia.

Selanjutnya film, sebelum tahun 1999, korea masih belum mampu mendapatkan apresiasi dari dunia Internasional. Hingga kesuksesan film Shiri mendatangkannya. Sejak diberlakukannya kebijakan di bioskop-bioskop harus, paling sedikit, menayangkan film korea selama 73 hari dalam setahun, industri film di korea mulai menemukan jalannya.

Hingga kini, banyak film-film korea yang sangat diapresiasi oleh warga dunia, salah satunya adalah train to busan yang tayang 2016 kemarin.

Nah, itulah profil singkat Negara korea selatan yang barangkali kamu penasaran dan ingin tahu. Untuk lebih lengkapnya silakan jangan hanya baca laman ini saja, tetapi juga berselancar di google. Arigatou.