6 Prospek Kerja Teknik Sipil yang Cukup Menjanjikan

Prospek Kerja Teknik Sipil – Jurusan teknik yang saat ini ada di mana-mana tentu saja sangat tidak asing ditelinga Anda termasuk untuk teknik sipil. Teknik sipil ini pun cukup banyak di minati. Nah, jika Anda salah satu peminatnya atau bahkan sudah memasuki jurusaan tersebut, jangan khawatir karena dengan segala hal yang telah di pelajari di dalamnya, Anda bisa mendapatkan banyak kesempatan kerja.

Berbicara mengenai pencarian pekerjaan, sebenarnya Anda harus mepersiapkan diri saat melamar pekerjaan dengan maksimal. Dalam hal ini termasuk juga masalah surat lamaran kerja maupun interviewnya. Akan tetapi sebelum itu, kembali pada teknik sipil, sebagai lulusannya terlebih dahulu Anda harus memilih kira-kira pekerjaan mana dan seperti apa yang akan Anda masuki.

Dalam hal ini tentu saja Anda membutuhkan beberapa gambaran mengenai peluang kerja tersebut. untuk itu jangan khawatir karena beberapa informasinya bisa Anda dapatkan di sini. selanjutnya, agar lebih jelas, langsung saja Anda simak ulasan berikut ini mengenai prospek kerja teknik sipil yang bisa di masuki salam satunya.

1. PNS

pns teknik sipil
rubernews.com

Sebagai lulusan teknik sipil, Anda memiki banyak kesempatan untuk menjadi seorang pegawai negri sipil. Tentu saja bidangnya adalah pada dinas yang berkaitan erat dengan teknik sipil itu sendiri. Untuk instansi yang di tempati, bisa seperti di bagian Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), maupun dinas perhubungan. di sana lulusan teknik sipil sangatlah di perlukan. Nah, ketika Anda mengikuti seleksi dan memasuki tahap interview mulailah dengan  kata pengantar yang menarik agar peluang anda diterima semakin besar.

2. Perusahaan Kontraktor Proyek Kontruksi

Jika tidak tertarik menjadi PNS, Anda bisa juga bekerja di perusahaan seperti perusahaan kontraktor. proyek kontruksi. Perusahaan semacam ini pun memang sangat membutuhkan lulusan teknik sipil. Hal tersebut tidak mengecualikan baik untuk perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta. Kebutuhan mereka terhadap lulusan ini tergantung pada berapa jumlah proyek yang sedang di kerjakan.

3. Perminyakan ( Oil And Gas )

perminyakan, teknik sipil
kampuskita.upnyk.ac.id

Lulusan teknik sipil, sebenarnya juga bisa masuk dan bekerja di perminyakan baik minyak maupun gas. Akan tetapi presentasenya cukup sedikit. bahkan bisa di katakan cukup langka. Sehingga pekerjaan ini tidak terlalu bisa menjamin Anda kecuali bagi yang beruntung.

4. Pengembangan Perumahan ( Developer Property )

Semakin hari kebutuhan hunian tentu semakin meningkat. Mengimbangi akan hal itu tentu, perkembangan perumahan di Indonesia pun juga ikut meningkat. Nah, hal ini pun membuka kesempatan besar bagi Anda para lulusan teknik sipil untuk memasuki pekerjaan pengembangan perumahan.

5. Pertambangan ( Mining )

Selanjutnya, di pertambangan pun juga merupakan kesempatan yang cukup besar bagi lulusan teknik sipil. Dalam hal ini pertambangan memang sangat membutuhkan lulusan teknik sipil untk menangani pekerjaan di lapangan. Contohnya saja seperti pertambangan batu bara.

6. Pabrik / Manufaktur

Jika membicarakan pabrik, yang cukup familiar tentu pengolahan barang jadi dari bahan mentah. Akan tetapi sebenarnya di sini lulusan teknik sipil pun sangat di pelukan. Bidangnya adalah dalam hal perawatan sekaligus pemeliharaan bangunan pabrik. Untuk posisi ini biasanya yang di prioritaskan adalah lulusan teknik sipil.

Itulah beberapa gambaran mengenai kesempatakn kerja atau prospek kerja teknik sipil. Salah satunya bisa menjadi pilihan tebaik Anda. akan tetapi yang di atas tersebut hanyalah beberapa. Selain itu lulusan teknik sipil juga bisa masuk pada instansi lain seperti perusahaan listrik, bank, menjadi distributor material dan lain sebagainya. Tergantung di mana minat dan kesempatan terbaik Anda.