Rumput Odot Super Multi Fungsi Untuk Kelinci, Kambing dan Sapi

Rumput Odot – Setelah membicarakan mengenai jenis rumput hias pada artikel lain di web ini sekarang kita membicarakan rumput yang berguna untuk fungsi lainnya. Selain memperindah dan juga menutupi lahan agar lebih hijau dan asri. Rumput sendiri termasuk tanaman yang banyak jenisnya dan multifungsi.

Artikel ini cocok untuk anda yang memang memelihara kambing ataupun sapi dan ingin memberikan pakan tingkat tinggi atau berkualitas. Terutama jika memang sapi atau kambing anda akan dijadikan ternak untuk dijual ataupun untuk dipotong dan dikonsumsi seperti restoran dan rumah makan berkualitas lainnya. Ternak harus diberikan tanaman yang bergizi dan baik untuk tubuh, salah satunya rumput odot.

Apa itu Rumput Odot?

rumput odot
https://3.bp.blogspot.com/

Rumput odot dikenal sebagai rumput yang palatabilitasnya cukup baik untuk digunakan sebagai pakan kambing atau pakan domba. Karena rumput ini memang memiliki tekstur yang lebih lunak daripada rumput gajah dan rumput raja. Selain itu rumput odot memang tidak berbulu pada bagian daunnya sehingga lebih disukai ternak.

Rumput odot sendiri lebih populer dengan nama rumput gajah kerdil. Namun jika anda peternak kambing dan domba lebih dikenal sebagai rumput odot. Sesuai dengan namanya, rumput ini termasuk kedalam rumput produktifitas. Dimana hijauan dari rumput ini tidak sebanyak rumput gajah.

Adapun beberapa keunggulan dari rumput odot lainnya yaitu pertama memiliki produksi yang tinggi dan sangat mudah berkembang, Sehingga untuk pakan ternak tidak akan menambah beban biaya anda dan tentunya lebih berkualitas dan disukai ternak.

Selanjutnya rumput odot disebut sebagai rumput berkualitas karena nutrisinya juga lebih tinggi dibanding rumput Gajah. Protein kasar yang ada pada daun mencapai 12-14% bahka nada yang mencapai 17%. Kecernaannya juga tinggi 65-70%. Apabila anda benar-benar merawatanya dengan intensif, pertumbuhannya sangat cepat dengan interval pemotongan antara 30-40 hari (pada musim hujan).

Selain itu, bisa dijadikan sebagai bahan silage. Kemudian untuk anda yang menanam rumput odot, jumlah anakannya sangat banyak. Untuk 2 kali masa panen bisa mencapai 20 anakan setiap rumpunnya, ini hanya berawal dari 1 batang rumput odot yang ditanam.