Taman Dinding Minimalis, Pilihan Taman Pada Hunian Masa Kini

Tinggal di perkotaan, atau di perumahan dengan luas lahan yang terbatas? Kini bukan lagi sebuah alasan untuk tidak menjadikan hunian menjadi hunian yang nyaman untuk dihuni. Berbagai pilihan desain dapat dipilih untuk menyiasati hal tersebut.

Kini telah banyak yang memilih desain minimalis untuk menyiasati luas lahan hunian yang tidak terlalu luas. Pilihan desain yang tepat, dan menyesuaikan dengan gaya ataupun karakter sang pemilik hunian merupakan salah satu kunci terciptanya hunian yang nyaman.

Bagian dar hunian masa kini adalah adanya taman pada hunian. Taman taman ini selain difungsikan sebagai elemen estetis pada hunian juga dimanfaatkan sebagai salah satu area refreshing pada hunian. Tak perlu jauh jauh ke taman kota atau mencari cafe dengan venue yang comfy juka di dalam hunian kita bisa kita setting lokasi yang nyaman untuk melepas penat.

Selain lebih ramah di kantong, dapat menikmati suasananya juga tak terbatas waktu. Anda juga dapat mengundang teman untuk dapat kongkow menikmati suasana atau melakukan acara barbeque ditaman rumah. Asik bukan? Tapi bangaimana menyiasati taman untuk hunian yang tak begitu luas? Berikut beberapa ide untuk mebuat taman dinding dirumah:

1.     Taman Dinding dengan Suasana Pedesaan

Taman Dinding Minimalis dengan Suasana Pedesaan
Taman Dinding Minimalis dengan Suasana Pedesaan

Siapa sih yang tak pernah merasa nyaman dan segar jika disuguhi suasana pedesaan? Ya suasana pedesaan memang tak pernah salah untuk menjadikan kita nyaman, dengan hijaunya tanaman, dan suasana yang tenang adalah salah satu kuncinya.

Nah untuk aplikasi pada hunian anda, anda dapat memanfaatkan tanaman yang ditanam pada media vertikal. Nah untuk penataan pot-pot ini dapat dibuat dari elemen yang identik dengan ppedesaan, yaitu bambu. Pilihlah tanaman yang mudah dalam perawatan.

Nah tanaman ditata secara vertikal pada rak bambu tersebut. Kemudian tambahakan furnitur lain yang mendukung suasana desa, yaitu kursi panjang dari bamnu dan meja bulat di dekatnya. Jika masih terdapat lahan kosong dapat membuat kolam kecil dan ditambahkan air mancur dari bambu, pastilah suara gemercik air akan membuat suasana pedesaan makin terasa.

2.     Taman Dinding Putih Minimalis

Taman minimalis ini dapat memanfaatkan area tembok pagar hunian yang tinggi. Memanfaatkan tembok sebagai media tanam vertikal adalah solusi bagi anda yang tidak memiliki hunian yang cukup luas. Memilih tanaman menjulur hijau yang ditempatkan pada dinding pagar.

Perpaduan warna putih dan hijau akan tampak begitu cantik pastinya. Namun yang perlu dierhatikan adalah saluran drainase, agar warna putih yang dipilih tidak mudah terlihat kotor. Anda juga dapat menambahkan beberapa kursi di taman, kursi taman yang nyaman ataupun bean bag dapat menjad pilihan, bagaimana tertarik untuk membuatnya?

3.     Taman Dinding Hidroponik

Taman Dinding Minimalis Hidroponik
Taman Dinding Minimalis Hidroponik

Nah untuk ide taman ini banyak menjadi pilihan, selain mempercantik taman ini juga dapat menghasilkan. Ya memanfaatkan lahan yang sempit dengan membuat taman hidroponik. Taman ini disusun secara vertikal dengan menggunakan pipa.

Jenis tanaman yang di pilih dapat berupa sayuran hijau. Seperti pakciy, selada, dan banyak jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik. Tak kalah menariknya dengan taman dinding lainnya loh, dengan taman ini anda dapat mengundang beberapa rekan saat masa panen sudah mulai tiba.

Memanen tanaman dan mengolahnya hingga dinikmati bersama. Menambahkan kursi taman juga dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu selepas melakukan aktifitas seharian.