Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat

Tangkuban perahu merupakan tempat wisata yang popular di bandung. Sebelum banyak tempat wisata baru yang bermunculan. Tempat wisata ini sudah penuh dengan wisatawan. Setiap harinya banyak pengunjung dari berbagai daerah yang melihat keindahan gunung tangkuban perahu ini. Tempat ini seperti memiliki pesonanya sendiri. Terdapat kawah belerang yang bisa ada lihat langsung dari bibir kawahnya. Cocok untuk spot foto yang menarik dengan pemandangan alam yang indah. Bahkan di tempat ini terdapat legenda yang diceritakan turun temurun oleh masyarakat setempat.

Legenda Kawah Tangkuban Perahu

Bagi orang di daerah jawa barat, pasti tidak asing dengan legenda ini. Bahkan tidak hanya orang jawa barat. Tapi legenda tangkuban perahu menjadi salah satu legenda rakyat popular di indonesia. Cerita antara dayang sumbi dan sangkuriang. Tangkuban perahu artinya perahu terbalik. Karena kalau anda melihat kawahnya berbentuk seperti perahu yang terbalik. Legenda ini bercerita tentang seorang anak bernama sangkuriang yang jatuh cinta dengan ibunya bernama dayang sumbi.

Untuk menggagalkan tindakan anaknya yang ingin menyunting ibunya. Dayang sumbi memberi syarat kepada sangkuriang, untuk membuat danau dan perahu dalam waktu satu malam. Tapi dayang sumbi mencoba untuk menggagalkannya, akhirnya sangkuriang marah dan menendang perahu yang sudah dia buat dan terbentuklah tangkuban perahu. Tapi itu hanya sebuah legenda yang beredar di masyarakat. Kalau anda melihat dari di daerah cibodas lembang, memang terlihat seperti sebuah perahu yang terbalik. Kalau anda penasaran, bisa mencoba datang ke tempat wisata di bandung ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Tangkuban Perahu

Kawah tangkuban perahu berada di daerah cikole lembang. Diantara perbatasan subang dan bandung barat. Akses menuju tangkuban perahu sangat mudah. Karena memang menjadi jalur wisata yang sudah dirawat dengan baik. Bahkan bus berukuran besar, bisa melalui jalur ini. Jalannya sudah bagus. Jika anda naik mobil pribadi, bisa menelusuri jalur bandung, lembang dan ciater. Dari arah jalan setiabudi langsung ambil jalan menuju ke lembang. Dari bunderan lembang, belok kanan menuju ke arah subang.

Jika anda ingin ke gunung tangkuban perahu dengan angkutan umum pun bisa. Dari bandung, anda bisa naik bus menuju ke terminal lembang. Dari terminal pinah naik angkot menuju ke cikole. Anda juga bisa naik mobil elf yang banyak membawa penumpang menuju ke tangkuban perahu. Tak perlu takut tersesat, karena banyak sekali petunjuk arah menuju ke tempat wisata ini. Apalagi lokasinya ramai, jadi memang mudah untuk dijangkau. Kalau musim hujan, hati-hati. Banyak jalan yang licin dan diantara tebing yang tinggi.

Kawasan Wisata Tangkuban Perahu

Mengunjungi lokasi wisata tangkuban perahu, anda tidak hanya bisa melihat satu kawah saja. Karena disana, anda banyak sekali kawah yang bisa anda kunjungi. Ada kawah ratu, kawah upas, sumber air cikahuripan, kawah domas dan masih banyak lainnya. Semua tempatnya saling berdekatan. Jadi anda bisa mengunjungi semua tempat wisata itu dengan mudah. Harga tiket masuk tangkuban perahu sekitar Rp 20.000. Dengan harga yang murah dan bisa menikmati berbagai macam spot foto yang menarik.

Kalau anda ingin menghasilkan foto yang bagus, datanglah ketika hari biasa. Karena tempatnya cukup sepi dan tidak banyak pengunjung. Anda bisa berfoto dengan bebas di semua tempat. Buat anda yang ingin foto pre wedding, juga harus datang ketika hari biasa. Kalau weekend, akan penuh dengan pengunjung di gunung tangkuban perahu.